logo


Sebelum Kursus Mengemudi Mobil, Lebih Baik Kamu Baca Tips Jitu Ini

Simak yuk

2 Juli 2019 19:30 WIB

Ilustrasi - Shutterstock
Ilustrasi - Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kamu berniat untuk mendaftarkan diri ikut kursus mengemudi mobil? Sebelum kamu mengikuti kursus tersebut, alangkah baiknya kamu membaca tips di bawah ini dulu ya Kawan Jitu.

Pasti sebelum kursus mengemudi, akan muncul pertanyaan jenis mobil manual atau matic yang akan dipilih saat kursus mobil.

Baca Juga: Awas! Tak Kunjung Menikah Bisa Sebabkan Stroke dan Jantung Lho


Kamu Silau Saat Pengendara Lain Nyalakan Lampu Jauh? Ini Tips Menghindarinya

Mengingat mengemudikan mobil bukanlah hal yang mudah, butuh latihan, dan proses jadi lebih baik memilih mobil dengan transmisi manual saat kursus menyetir.

Selain itu, dasar belajar mobil itu memang dari mobil manual terlebih dahulu. Hal ini untuk melatih kepekaan pengemudi pada gas dan kopling. Hal ini dibenarkan oleh petugas Sekolah mengemudi Pratama Jaya, Depok, Astri.

"Orang yang bisa bawa mobil manual pasti nanti gak ribet bawa mobil matic, sebaliknya jika belajar matic dahulu ketika di mobil manual dia akan repot," jelas Astri yang diwartaka gridoto.com (2/7).

Kamu Menderita Asam Lambung? Hindari Beberapa Makanan Ini

Tak hanya itu, mobil dengan transmisi manual juga mempunyai perangkat instrumen yang lebih banyak, yakni 3 pedal (gas, kopling, dan rem). Serta juga 5 transmisi ditambah 1 gigi mundur yang harus dikuasai oleh pengemudi.

"Belajar mobil manual lebih sulit ketimbang matic, karena pengemudi harus dapat mengoperasikan bukaan gas dan kopling secara pas agar mobil tidak meraung atau mati mesinnya," terang Instruktur Sekolah Mengemudi, Yudi.

Simak! Ini Olahraga yang Dilarang untuk Penderita Diabetes, Jika Masih Dilakukan Bisa Alami Kebutaan

Lebih lanjut, Yudi juga berujar dengan belajar mengendarai mobil manual, pengemudi akan mempelajari fungsi gigi di berbagai medan jalan, seperti tanjakan, turunan, serta jalan raya.

Nah, gimana Kawan Jitu, setelah membaca artikel di atas lebih memilih mobil manual atau matic?

Tren Baru Beli Mobil Lewat Online, Berminat?

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata