logo


Simak! Ini Olahraga yang Dilarang untuk Penderita Diabetes, Jika Masih Dilakukan Bisa Alami Kebutaan

Kira-kira apa ya?

2 Juli 2019 18:00 WIB

Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berolahraga memang baik untuk tubuh manusia, apalagi olahraga dilakukan secara rutin setiap hari. Tentu akan membuat tubuh menjadi segar dan pastinya sehat.

Tapi, bagi kamu yang menderita diabetes harus memperhatikan jenis olahraga yang dilarang. Pasalnya, beberapa jenis olahraga iini justru akan memperburuk kondisi penderita diabetes.

Baca Juga: Minta Pendukungnya Dibebaskan, Demokrat Tegur Gerindra, "Nanti Opininya Bisa Negatif"


Ternyata 4 Kebiasaan Sepele Ini Jadi Penyebab Penyakit Diabetes Melitus, Apa Saja?

FT UNJ Gelar Expo Era Industri 4.0, Rektor UNJ: Mempererat Hubungan Universitas dan Industri

Menurut Ketua Umum PB Perkumpulan Endokrinologi Indonesia atau PERKENI Dr. Ketut Suastika, Sp. PD-KEMD mengungkap jenis olahraga yang dilarang adalah anaerobik atau aktivitas fisik yang tergolong berat, misalnya angkat beban, lompat tali, dan push up.

Pasalnya, aktivitas tersebut dapat menciptakan oksidatif stres pada tubuh. Kondisi seperti ini akan berakibat pada kenaikan kadar gula darah dan efeknya bisa memperburuk komplikasi yang diderita sebelumnya.

"Ambil contoh angkat beban. Kalau dilakukan oleh pasien diabetes dengan retinopati diabetik atau gangguan retina pada mata, bisa mempercepat kebutaan," jelasnya yang diwartakan oleh Tempo.co (2/7).

Lalu, olahraga yang tepat untuk penderita diabetes apa ya?

Olahraga yang cocok dilakukan adalah aerobik, misalnya jogging atau berjalan kaki. Aerobik justru bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa berolahraga minimal 30 menit per hari.

Sandi Sebut Ucapan Selamat Itu Budaya Barat, Peneliti LIPI: Hadeh, Hari Gini....

"Paling minimal 150 menit per minggu. Jadi, kalau bolong dua hari pas weekend masih boleh lah. Karena ini imbauan yang memang ampuh untuk menjaga diabetes Anda," sambungnya.

Penderita Diabetes Tak Boleh Makan 5 Jenis Buah-buahan Ini

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata