logo


Awas! Kebiasaan Setelah Bangun Tidur Ini Bisa Sebabkan Kanker Mulut dan Kanker Paru

Kira-kira apa ya penyebabnya?

1 Juli 2019 19:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketika kamu bangun tidur, apa aktivitas pertama kali yang kamu lakukan? Jika kamu langsung merokok, lebih baik mulai sekarang menghindari hal tersebut.

Memang bagi sebagian orang, merokok setelah bangun tidur memberikan kenikmatan tersendiri. Bahkan, ada beberapa yang menyebut mulut akan pahit jika tidak langsung merokok usai bangun tidur.

Baca Juga: Tak Disangka, Bagian Tubuh Pria Ini Sangat Disukai Wanita, Penasaran?


Bukan Perokok Tapi Terkena Kanker Paru? Ternyata Ini Penyebabnya

Kamu Suka Konsumsi Taoge Mentah? Awas, Berbahaya!

Padahal menurut penelitian yang dilakukan oleh Penn State University, Amerika Serikat (2013), justru meningkatkan risiko terkena kanker paru dan kanker mulut.

Dalam penelitian yang diikuti oleh 1.945 partisipan perokok, hasilnya 32 persen langsung merokok hanya dalam kurun waktu 5 menit usai bangun tidur. Selain itu, 31 persen partisipan lainnya langsung merokok dalam kurun waktu 30 menit setelah bangun.

Hasilnya, mereka yang langsung merokok usai bangun tidur ini cenderung memiliki kadar nicotine-derived nitrosamine ketone. Di mana senyawa tersebut menjadi penyebab tumor dan kanker yang sangat tinggi.

Dikira Sama, Ternyata Sakit Pinggang dan Sakit Ginjal Beda Lho Gejalanya

Bahkan, jumlahnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan para perokok yang tidak langsung mengisap usai bangun tidur.

Menurut pemimpin penelitian Steven Bransletter mengatakan saat bangun tidur, tubuh berada dalam mode meraih oksigen sebanyak mungkin demi memastikan organ di dalam tubuh berjalan dengan lancar.

Nah, jika kamu merokok dalam kondisi itu justru membuat kandungan beracunnya diisap dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga senyawa beracun rokok lebih banyak berada di dalam tubuh perokok yang mengisapnya usai bangun dari tidurnya.

Hati-hati! Pakai Parfum Bisa Kena Kanker

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata