logo


Kamu Suka Konsumsi Taoge Mentah? Awas, Berbahaya!

Kok bisa?

1 Juli 2019 18:45 WIB

Tauge
Tauge Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sayuran yang terkenal mempunyai manfaat meningkatkan kesuburan ini banyak diminati oleh semua kalangan. Dikonsumsi mentah untuk lalapan maupun matang untuk pelengkap sama saja nikmat. Tapi, ternyata mengonsumsi sayur taoge mentah berbahaya lho bagi tubuh manusia.

Hal ini disebabkan taoge mentah ternyata mengandung bakteri yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia. Hal ini dibenarkan dalam penelitian yang dilakukan NHS, United Kingdom.

Baca Juga: Ajak Prabowo-Sandi Bangun Negara, Arteria Dahlan Puji Jokowi, "Perlihatkan Sikap Tawadhu"


Kamu Sering Simpan Sayur Ini di Kulkas? Awas, Bikin Cepat Rusak!

Dikira Sama, Ternyata Sakit Pinggang dan Sakit Ginjal Beda Lho Gejalanya

Di mana dalam taoge terdapat bakteri Salmonella dan Escherichia col (E.coli). Kedua bakteri ini paling sering menyebabkan keracunan makanan pada manusia.

Bahkan, di negara Inggris bakteri Salmonella banyak menimbulkan keracunan karena konsumsi taoge mentah.

Selain kedua bakteri tersebut, terkadang ditemukan bakteri Bacillus cereus, Staphylococcus aureus dan Listeria monocytogenes.

Masuk dalam Daftar Wisata Pesona Indonesia dan IAAPA, CEO Saloka: Awalnya Masih Angan-angan

Oleh karena itu, Food Standart Agency UK menyarankan agar mengonsumsi taoge atau kecambah ketika sayuran tersebut sudah diberi lable 'siap untuk dikonsumsi'.

Hal tersebut berarti taoge aman dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Sayangnya, label tersebut masih jarang digunakan di Indonesia sendiri.

Untuk menghindari keracunan, kamu bisa memasak terlebih dahulu taoge yang akan kamu konsumsi. Dan perlu diingat tidak boleh setengah matang karena bakteri tidak akan mati saat taoge dimasak setengah matang.

Akui Kecewa Kalah di Pilpres 2019, Sandi: Kita Sungguh-sungguh Ingin Bangun dan Majukan Bangsa

Dan untuk menyimpan taoge, kamu bisa menyimpannya di lemari es pada suhu 5 derajat Celcius atau di bawahnya dan paling lama hanya dikonsumsi dalam waktu 2 hari saja.

Selain itu, kamu juga dilarang untuk mengonsumsi taoge yang telah berubah warna menjadi cokelat. Pasalnya, taoge menunjukkan sudah tidak layak untuk dikonsumsi dan lebih rentan terkontaminasi bakteri.

 

Setiap Hari Makan Timun? Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata