logo


Dikira Sama, Ternyata Sakit Pinggang dan Sakit Ginjal Beda Lho Gejalanya

Berikut gejala yang timbul karena gangguan ginjal

1 Juli 2019 18:00 WIB

Sakit Pinggang / Pegal
Sakit Pinggang / Pegal Hello Sehat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pernahkah kamu mengalami sakit pinggang? Jika kamu pernah mengalaminya, apakah kamu merasa khawatir dengan kondisi organ ginjal kamu?

Tak perlu cemas, sakit pinggang belum tentu disebabkan adanya gangguan pada organ ginjal.

Baca Juga: Masuk dalam Daftar Wisata Pesona Indonesia dan IAAPA, CEO Saloka: Awalnya Masih Angan-angan


Ternyata Kebiasaan Ini Bisa Bikin Sakit Pinggang

Akui Kecewa Kalah di Pilpres 2019, Sandi: Kita Sungguh-sungguh Ingin Bangun dan Majukan Bangsa

Sakit pinggang belakang atau low back pain sendiri adalah rasa nyeri di punggung bagian bawah. Tetapi, jika sakit pinggang yang disebabkan oleh gangguan ginjal, nyeri punggung muncul di antara tulang rusuk terendah dan pantat.

Nyeri tersebut menyerang salah satu sisi tubuh tetapi juga bisa menyerang kedua sisi tubuh manusia. Rasa nyeri ini juga bisa menjalar ke bawah panggul, selakangan, atau daerah perut.

Nah, untuk mengetahui sakit pinggang disebabkan gangguan ginjal atau tidak kamu bisa menggunakan cara yang dijelaskan oleh dokter spesialis urologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr. dr. Nur Rasyid, Sp.U.

Jokowi Ajak Prabowo-Sandi untuk Bangun Indonesia, Demokrat: Itu Ajakan Negarawan

Menurut dr. Nur Rasyid, salah satu cara mengetahui sakit pinggang karena gangguan ginjal, yakni dengan rasa nyeri yang tidak akan hilang meski kamu merubah posisi.

Kemudian, jika bagian punggung ditekan atau dipijat, akan menimbulkan rasa yang lebih nyeri. Jika kamu belum yakin dengan sakit pinggang disebabkan gangguan ginjal, kamu bisa melihat gejala-gejala lain yang timbul karena adanya gangguan ginjal.

Adapun gejalanya, muncul demam dan menggigil, kehilangan nafsu makan, pusing atau sakit kepala, mual hingga muntah. Kemudian, warna urin terlihat lebih keruh atau parahnya muncul darah pada urin.

Tak Ingin Indonesia Seperti Negara Timur Tengah yang Berkonflik, Syaifulah Minta Jokowi Temui Prabowo

Untuk mencegah adanya gangguan pada ginjal, kamu bisa mencoba tips sehat berikut ini seperti yang diwartakan Intisari Online (9/6).

1. Minum cukup air

2. Berolahraga secara teratur

3. Berhenti merokok

4. Menghindari makan makanan asin

Hanya Dengan Pijatan Seperti Ini, Leher Kaku dan Nyeri Pinggang Langsung Hilang!

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata