logo


Waduh, Ternyata Bensin di Dalam Tangki Bisa Basi Lho, Berbahayakah?

Berikut penjelasannya

28 Juni 2019 16:50 WIB

Selang pengisian BBM.
Selang pengisian BBM. Dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pernahkan kamu mendengar bensin basi? Ternyata memang benar lho, bensin bisa basi jika kendaraan bermotor lama tidak digunakan.

Hal ini dibenarkan oleh peneliti Shell, Andreas Scheafer. Ia meminta untuk semua masyarakat agar tidak membiarkan bensin mengendap terlalu lama di kendaraan bermotor.

Baca Juga: Gelar Aksi Lagi, PA 212 Mengadu ke Komnas HAM Soal Korban Aksi 21-22 Mei


Inilah Alasan Kenapa Kita Dilarang Menggunakan Ponsel saat di Pom Bensin

Apakah Kamu Sadar? Asteroid Ini Baru Saja Melintas di Dekat Bumi Lho

"Ya itu juga masuk dalam proses penelitian dan pengembangan kami. Pada dasarnya kami tidak merekomendasikan untuk menyimpan bahan bakar dalam waktu yang terlalu lama," ujar Andreas yang diwartakan Liputan6.com (28/6).

Lebih lanjut, ia menjelaskan waktu yang ideal untuk menyimpan bensin di dalam tangki. Menurutnya, bensin masih bisa digunakan di dalam tangki selama 2-3 bulan. Jika lebih dari itu, bisa merusak mesin mobil

Kemudian, ia beralasan bensin bisa basi karena ada perubahan formula yang terjadi saat bahan bakar dibiarkan mengendap dalam waktu lama.

Dijamin Ampuh, Hanya Butuh 2 Menit, Tekanan Darah Kamu Bisa Turun

"Jadi kami melihat masa penyimpanan (masih ideal) selama 2-3 bulan. Namun, jika lebih lama dari itu, kami tidak merekomendasikan. Sebab itu bisa merusak mobil kita," pungkasnya.

Kamu Sering Gonta-Ganti Jenis BBM, Apa Bisa Merusak Mesin Kendaraan?

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata