logo


Garang! Inilah 5 Negara dengan Pesawat Fighter/Interceptor Terbanyak di Asia Tenggara!

Apakah Indonesia adalah salah satunya?

28 Juni 2019 06:36 WIB

Pesawat Lockheed SR-71 Blackbird
Pesawat Lockheed SR-71 Blackbird flugrevue.de

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jumlah pesawat tempur militer sebuah negara sangat menentukan kekuatan angkatan udara negara tersebut.

Namun jumlah pesawat bukanlah satu-satunya penentu kekuatan angkatan udara. Dari beberapa jenis pesawat, tipe fighter/interceptor lah yang selama ini dipercaya sebagai penentu kemenangan pertempuran di langit. Mengapa?

Baca juga: Netizen Ramai-ramai Sebut Prabowo Pendekar hingga Gatotkaca, "Mengajarkan Kami Bagaimana Menjadi..."


Catat! Berikut Urutan 10 Negara ASEAN Mulai dari yang Terbesar Anggaran Pertahanannya!

Berbeda dari pesawat pengebom atau penyerbu yang didesain menyerang laut dan darat, tipe fighter/interceptor didesain khusus untuk melumpuhkan pesawat lain di udara hingga menghancurkan roket berkecepatan tinggi.

Bentuk pesawat satu ini pun umumnya lebih ramping dan kecil serta jauh lebih cepat. Manuver fighter/interceptor juga lebih lincah dan mampu meliuk-liuk di udara dengan lebih bebas.

Oleh karena itu, negara yang mempunyai banyak fighter/interceptor dengan kemampuan tinggi akan dengan mudah memenangkan pertempuran di atas langit yang nantinya bakal mempermudah kemenangan di laut dan darat.

Nah, negara manakah yang mempunyai fighter/interceptor terbanyak di Asia Tenggara? Yuk cek daftarnya di bawah ini berdasarkan data Global Fire Power.

1. Vietnam: 108

2. Singapura: 100

3. Thailand: 75

4. Myanmar: 59

5. Indonesia: 41

Selanjutnya, negara lain di Asia Tenggara juga tercatat memiliki jenis pesawat satu ini. Negara tersebut adalah Malaysia dengan total 39 pesawat.

Jokowi Ajak para Pendukung 01 dan 02 untuk...

Halaman: 
Penulis : De Sukmono