logo


Kamu Silau Saat Pengendara Lain Nyalakan Lampu Jauh? Ini Tips Menghindarinya

Ini tips dan triknya

27 Juni 2019 16:18 WIB

Petugas menilang pengendara mobil yang melanggar aturan pembatasan kendaraan sistem ganjil genap di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (30/8).
Petugas menilang pengendara mobil yang melanggar aturan pembatasan kendaraan sistem ganjil genap di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (30/8). Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kamu sering berpapasan dengan pengendara lain yang menggunakan lampu jarak jauh saat mengendari mobil di malam hari? Pasti kamu merasa terganggu karena menyilaukan mata.

Jika hal tersebut tidak disikapi dengan baik, bisa memicu kecelekaan lho. Pasalnya, padangan kita bisa buyar dan akibatnya kendali kemudi mobil tak terjaga.

Baca Juga: Leher Pegal Bukan Selalu Tanda Kolesterol Tinggi, Malah Bisa Jadi Gejala Penyakit Kronis Ini


Air Radiator Mobil Kamu Cepat Habis? Ini 5 Penyebabnya

Tak Selalu Baik untuk Tubuh, Minum Air Putih dengan Cara Ini Bisa Rusak Pencernaan

Nah, kali ini Jitunews mencoba mengulas tips agar kamu tidak merasa terganggu dengan sinar lampu jarak jauh tersebut. Menurut Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menghimbau agar tidak menatap langsung sinar lampu jauh tersebut.

Kamu bisa melirik bagian marka jalan di bagian tengah maupun kiri. "Mudahnya langsung lirik bagian marka jalan yang di tengah atau sebelah kiri, tujuannya biar tidak silau," ujar Sony yang diwartakan Kumparan.com (2/6).

Dengan melihat marka jalan, kamu bisa memahami kendali dan arah jalan meskipun sinar lampu tersebut tetap sedikit terlhat. Lalu, gimana jika tidak ada marka jalan?

Soal Wacana Gerindra Gabung Jokowi, JK Bilang, "Tergantung Pak Jokowi Sendiri"

Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa tetap memperhatiakn tepian jalan sambil menerapkan garis imajiner atau marka jalan khayalan. Hal ini bertujuan agar mobil tetap berada di lajurnya.

marka jalan

"Tepian jalan sangat membantu garis imajiner, jadinya posisi mobil jadi lebih terukur," imbuhnya.

Ia juga berpesan untuk tidak membalas lampu jauh tersebut. Hal ini justru akan membahayakan kedua pengemudi dan pengguna jalan yang lainnya.

Soal Halal Bi Halal 212 di MK, TKN Bilang, "Gak Punya Magnet Lagi Bagi Masyarakat"

"Bahaya, jangan, bisa menyilaukan mobil di belakangnya juga kan, mending langsung pakai garis imajiner tadi, kemudian untuk pengemudi yang menyalakan hi beam segera ganti low beam," pungkasnya.

3 Hal Sepele yang Bikin Ban Mobil Kamu Jadi Cepat Gundul

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata