logo


Leher Pegal Bukan Selalu Tanda Kolesterol Tinggi, Malah Bisa Jadi Gejala Penyakit Kronis Ini

Penasaran? Ini penjelasan dari dokter

27 Juni 2019 14:48 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kamu sering mengalami leher pegal? Ternyata leher pegal dan kaku bukan selalu tanda kolesterol kamu tinggi lhoh. Menurut seorang dokter ahli penyakit dalam, dr. Warigit Dri Atmoko, Sp.PD, M,Kes hal tersebut bisa jadi tanda ada penyakit kronis.

"Faktanya, biasa ada penyakit-penyakit yang mendasari telah berlangsung lama atau kronis, contoh diabetes atau jantung yang mengganggu sirkulasi atau peradaran darah," ujar Warigit dalam acara Ayo Hidup Sehat di stasiun televisi tvOne (7/6).

Baca Juga: Tak Selalu Baik untuk Tubuh, Minum Air Putih dengan Cara Ini Bisa Rusak Pencernaan


Penderita Kolesterol Tinggi Dilarang Keras Makan 9 Daftar Makanan Ini, Akibatnya Bisa Fatal!

Soal Wacana Gerindra Gabung Jokowi, JK Bilang, "Tergantung Pak Jokowi Sendiri"

Ia juga mengingatkan untuk mengecek kolesterol seseorang tinggi atau tidak harus dilakukan tes darah. Selain itu, orang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya obesitas.

"Kesemutan ada penyakit dasarnya, mungkin masalah saraf atau diabetes. Masalah di jantung dan sebagainya. Kolesterol tinggi ini menyertai penyakit tadi biasanya orangnya diabetes, atau pola makan tidak tepat. Sehingga ada masalah di sirkulasi pembuluh darah," sambungnya.

Ia juga memberikan tips agar kolesterol tetap terjaga, yakni dengan cara mengonsumsi makanan berserat, minum air putih minimal 8 gelas per hati dan tidur yang cukup serta menjaga pikiran tetap positif alias tidak stres.

Soal Halal Bi Halal 212 di MK, TKN Bilang, "Gak Punya Magnet Lagi Bagi Masyarakat"

"Biasanya habis makan berkolesterol tinggi, makan buah-buahan yang banyak karena mengikat lemak dalam air. Jangan stres selalu berbahagia," pungkasnya.

Nah, gimana Kawan Jitu sudah tahu kan kolesterol tinggi bukan selalu disertai dengan pegal di bagian leher? Tetap jaga kesehatan ya Kawan Jitu.

Segera Konsumsi Makanan Ini untuk Turunkan Kolesterol Jahat!

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata