logo


Detik-detik Vanessa Angel Menerima Putusan Sidang Atas Tuntutan Asusila UU ITE

Melanggar UU ITE dengan konten asusila yang telah tersebar, artis Vanessa angel segera menghadapi keputusan majelis hakim Pengadilan Negri Surabaya

26 Juni 2019 10:36 WIB

Foto yang diduga Vanessa Angel
Foto yang diduga Vanessa Angel VIVA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sikap optimis dilontarkan oleh kuasa hukum artis cantik Vanessa Angel. Abdul malik (kuasa hukum) yakin kliennya dapat bebas dan kembali beraktivitas seperti biasa. Keyakinan itu berdasarkan dengan pledoi atau nota pembelaan yang disampaikan Abdul Malik pada sidang sebelumnya.

"Kami optimis (Vanessa) dibebaskan. Karena tidak ada bukti pidananya," kata Malik seperti dikutip Jitunews.com dari CNNIndonesia, Rabu (26/6). 

Jaksa penuntut umum menuntut Vanessa Angel dengan pasal 27 ayat (1) juncto Pasal 45 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan dengan tuntutan 6 bulan penjara.


Viral Video Ifan 'Seventeen' Digerebek Bersama Cewek

Artis Vanessa Angel dikatakan telah dengan sengaja dan tanpa hak disetujui dan atau mentransmisikan dan atau membuat bisa diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan, sehingga dapat diakses hal layak.

Kuasa hukum Vanessa Angel beranggapan tuntutan dengan Pasal 45 ayat (1) UU No19 Th 2016 ITE tidak tepat, karena kliennya hanya nelakukan komunikasi pribadi dengan satu orang, bernama Endang Suhartini (Siska) yang berlaku sebagai mucikari.

"Itu dilakukan Vanessa di ruang privatnya, dia dengan Siska, apa bisa dipidana, kan enggak. Konten asusila juga tidak ada itu," kata Abdul Malik. 

Sikap optimis juga diungkapkan oleh jaksa penuntut umum. JPU Novan mengatakan, pihaknya sengaja tak memberikan tanggapan jaksa atau replik atas pledoi yang diajukan pihak Vanessa. 

Novan yakin Vanessa Angel terbukti bersalah. "Kami tidak menjawab pledoi, jaksa tetap pada tuntutan, yakni menyatakan Vanessa bersalah dan dihukum enam bulan penjara," kata Novan.

Jika dibandingkan dengan Siska (Endang Suhartini) yang berlaku sebagai mucikari, tuntutan hukuman 6 bulan Vanessa hanya selish 1 bulan. Siska dituntut 7 bulan dan divonis 5 bulan penjara. Sedangkan vonis Vanessa Angel masih kita tunggu. 

Dapat Surprise Ulang Tahun, Marion Jola: Pertama Kali Dikerjain Seniat Ini

Halaman: 
Penulis : Gun-Gun