logo


Soal Halal Bihalal 212 di MK, Wiranto: Saya Tinggal Cari, Siapa yang Ngajak, Mendorong dan Menghasut

"Saya mau tanyakan ini gerakan untuk apa, apa yang diperjuangkan"

25 Juni 2019 14:11 WIB

Menko Polhukam, Wiranto
Menko Polhukam, Wiranto Kemenkopolhukam

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Wiranto mempertanyakan rencana aksi demonstrasi di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurutnya, hal itu dikarenakan pasangan 02, Prabowo-Sandiaga juga sudah meminta kepada para pendukungnya untuk tidak melakukan aksi unjuk rasa jelang pengumuman keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Baca Juga: Soal Gerindra Gabung Jokowi-Ma'ruf, PKB Bilang, "Udah Tutup Pintu Saja Lah...."


Akui Telah Memaafkan Kivlan Zen, Wiranto Bilang, "Soal Keringanan, Pengampunan...."

Soal Bergabungnya Demokrat ke Jokowi, Ferdinand: Kami Lebih Pasif dan Akan Menunggu

“Kedua tokoh yang berkompetisi sudah mengajak masyarakat untuk menerima keputusan ini sebagai putusan yang adil dan terhormat. Maka kalau ada gerakan massa lagi, saya mau tanyakan ini gerakan untuk apa, apa yang diperjuangkan,” ujar Wiranto di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (25/6).

Wiranto menjelaskan bahwa aksi unjuk rasa merupakan hal yang diperbolehkan di negara demokrasi. Namun, hal itu harus tetap memperhatikan peraturan yang ditetapkan.

“Namanya unjuk rasa boleh-boleh saja tapi ada persayaratannya, temanya apa, yang mimpin siapa, tujuannya apa dan tempatnya dimana. Kepolisian mengatakan jangan sampai ada unjuk rasa di sekitar MK,” tuturnya.

Sebut Halal Bi Halal 212 di MK Itu Bisnis Politik, Abu Janda: Paling Basah Morotin Duit Elit Oposisi

Oleh karena itu, kata dia, apabila tetap ada aksi demonstrasi menjelang keputusan sengketa Pilpres 2019, maka pihaknya akan menangkap tokoh-tokoh dibalik aksi tersebut.

“Tentunya ada nekat, ada yang demo bahkan sampai menimbulkan kerusuhan. Saya tinggal cari, siapa yang mengajak, mendorong dan menghasut. Kita tinggal tahu siapa tokoh-tokoh itu. Cari tokohnya, kami tangkap aja karena menimbulkan kerusuhan,” pungkasnya.

Soal Aksi Massa di MK, Wiranto Justru Percaya Prabowo, "Mari Kita Berpikir Rasional"

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata