logo


Fakta Unik Seputar Ular Sanca Kembang yang Jarang Diketahui

Ternyata ular sanca bisa lebih panjang dari anakonda, lho!

29 Juni 2019 12:46 WIB

Ular Sanca
Ular Sanca Sains Kompas
dibaca 659 x

Sanca kembang atau sanca batik adalah sejenis ular dari suku Pythonidae yang berukuran besar dan memiliki ukuran tubuh terpanjang di antara ular lain. Ukuran terbesarnya dikatakan dapat melebihi 8.5 meter dan merupakan ular terpanjang.

Ular sanca ternyata lebih panjang dari anakonda (Eunectes), ular terbesar dan terpanjang di Amerika Selatan. Sanca kembang ini sangat mudah dikenali karena umumnya bertubuh besar. Keluarga sanca (Pythonidae) relatif mudah dibedakan dari ular-ular lain hanya dengan melihat sisik-sisik dorsalnya yang lebih dari 45 deret, dan sisik-sisik ventralnya yang lebih sempit dari lebar sisi bawah tubuhnya.

Sanca kembang terhitung ular terpanjang di dunia. Ular terpanjang yang terkonfirmasi berukuran 6.95 m di Balikpapan, kaltim, namun sudah banyak penghoby yang sudah memelihara sampai 7 meter lebih.


Fakta Menarik Karakter One Piece #22 - Nami sang Navigator! Ukuran "Anu" Nami...

Ular-ular betina memiliki tubuh yang lebih besar. Jika yang jantan telah mulai kawin pada panjang tubuh sekitar 7-9 kaki, yang betina baru pada panjang sekitar 11 kaki. Dewasa kelamin tercapai pada umur antara 2-4 tahun.

Musim kawin berlangsung antara September hingga Maret di asia. Berkurangnya panjang siang hari dan menurunnya suhu udara merupakan faktor pendorong yang merangsang musim kawin.

Jantan maupun betina akan berpuasa di musim kawin, sehingga ukuran tubuh menjadi hal yang penting di sini. Betina bahkan akan melanjutkan puasa hingga bertelur, dan sangat mungkin juga hingga telur menetas, telur sangat bervariasi (10-100 butir sekali bertelur) tergantung beberapa faktor. Telur-telur ini 'dierami' pada suhu 88-90 °F (31-32 °C) selama 80-90 hari, bahkan bisa lebih dari 100 hari(reptileUlar betina akan melingkari telur-telur ini sambil berkontraksi.

Gerakan otot ini menimbulkan panas yang akan meningkatkan suhu telur beberapa derajat di atas suhu lingkungan. Ular jenis ini sangat suka berada dihabitat yang kaya akan sumber air dan makanan(lembab dan tropis).

Ditulis oleh: Alvino Hore

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

5 Negara ASEAN dengan Attack Aircraft Terbanyak! Indonesia Masuk?

Halaman: 
Admin : Kesdik Bayu