logo


Sinergitas Antar Lembaga Negara di Parlemen Perlu Ditingkatkan

Penguatan fungsi MPR salah satunya adalah dengan perumusan haluan negara sebagai panduan arah pembangunan nasional.

24 Juni 2019 21:49 WIB

Saleh Partaonan Daulay.
Saleh Partaonan Daulay. dok. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota MPR RI Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, mengatakan, penguatan lembaga-lembaga negara di parlemen baik MPR, DPR dan DPD fungsinya belum maksimal. Dan, persoalan tersebut memang kerap menjadi bahan diskusi.

“Sebenarnya, sudah banyak kajian yang dilakukan terkait penguatan lembaga-lembaga negara, sehingga ke depan mampu mengoptimalisasi fungsi,” ujar Saleh, di Media Center, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/6).

Dia menyebut, lembaga-lembaga di parlemen, masing-masing memiliki fungsi dan kewenangan yang luar biasa di sistem ketatanegaraan Indonesia sesuai amanah UUD.


MPR: Pemilu Sudah Baik, Kita Jangan Membongkar...

MPR berwenang mengubah dan menetapkan UUD serta melantik presiden dan wakil presiden. DPR memiliki wewenang membuat UU bersama-sama dengan pemerintah, kemudian bersama pemerintah membahas dan menyetujui anggaran dan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan UU dan juga pelaksanaan APBN.

Sementara, DPD berwenang mengajukan kepada DPR Rancangan Undang-Undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah

“Begitu luar biasanya fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut, tinggal sinergitas antar lembaga perlu dioptimalkan sehingga mekanisme check and balance bisa berjalan maksimal. Selain itu, sinergitas juga dengan pemerintah, sebab wewenang pembuatan UU adalah perpaduan antara DPR dan pemerintah jadi tinggal sinergi pembagian kewenangan dan tanggung jawab dari produk UU yang dikeluarkan,” tuturnya.

Saleh menambahkan, dalam skala luas sinergitas MPR, DPR dan DPD dalam mengoptimalisakan fungsi adalah dengan memperkuat fungsi MPR. Penguatan fungsi MPR salah satunya adalah dengan perumusan haluan negara sebagai panduan arah pembangunan nasional.

“Penguatan MPR tersebut apakah juga menguatkan lembaga DPR dan DPD, itu akan terjadi, sebab DPD akan berperan besar disitu bersama DPR,” tukasnya.

Penguatan MPR Bisa dilakukan Melalui Amandemen UUD atau UU MD3

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana