logo


Kementerian Koperasi dan UKM Dorong Kopdit Lakukan Digitalisasi dalam Sistem Operasionalnya

Berikut pernyataan lengkapnya

24 Juni 2019 21:15 WIB

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto
Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto Doc Jitunews

DENPASAR, JITUNEWS.COM - Koperasi kredit (kopdit) di Indonesia didorong untuk melakukan digitalisasi dalam sistem operasionalnya agar tetap kompetitif di era milenial yang akrab dengan teknologi.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto mengatakan koperasi kredit harus inovatif dan mulai menerapkan platform digital.

“Mengacu platform inovasi, maka di internal koperasi yaitu pengurus, pengawas, anggota, pengelola dan karyawan harus memiliki kesadaran bahwa inovasi adalah suatu keharusan apalagi di era digitalisasi industri 4.0, karena inovasi tidak ada batas,” ujarnya saat menghadiri acara lokakarya dengan tema “Digitalisasi di era milenial dalam rangka keberlanjutan Gerakan Koperasi Kredit Indonesia” ujarnya di Denpasar, Bali, Minggu (23/6).


Kemenkop UKM: Pengawasan Koperasi Harus Bisa Tegas, Namun...

Luhur menegaskan bahwa kegiatan lokakarya ini merupakan salah satu implementasi prinsip koperasi yaitu pendidikan guna meningkatkan wawasan bagi pengurus, pengawas, anggota, pengelola, maupun karyawan.

Terkait kopdit, perkembangan koperasi kredit di Indonesia tidak terlepas dari prinsip yang digagas oleh Raiffeisen seorang walikota di Jerman pada abad 19 yang mengembangkan kredit union.

Oleh karena itu, dalam membangun dan mengembangkan koperasi kredit di Indonesia selain mengacu pada prinsip perkoperasian, juga mengacu pada tiga pilar yang dikembangkan oleh Reiffeisen pada waktu itu.

Pertama, swadaya, artinya menolong dan berupaya dari dirinya sendiri, kedua, melakukan pendidikan. “Pemberian pendidikan tidak hanya kepada pengurus tetapi juga kepada sumberdaya manusia koperasi termasuk pengawas anggota, manajer, dan karyawan,” katanya.

Guna Membentuk Konglomerasi Sosial, Dinas Koperasi Kalbar Gelar Diskusi Pengurus Koperasi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma