logo


Soal Sebutan Reklamasi, Anies: Itu Namanya Pantai, Bukan Pulau

Padahal di Peraturan Gubernur (Pergub), istilah yang dipakai adalah Pulau, bukan Pantai.

24 Juni 2019 12:27 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menyebut kawasan reklamasi di teluk Jakarta sebagai sebuah pulau. Menurutnya, daratan yang dibuat oleh manusia adalah adalah pantai, bukan pulau.?

"Tidak ada pulau, yang disebut pulau itu adalah daratan yang terbentuk proses alami. Kalau daratan yang dibuat manusia itu namanya pantai, bukan pulau," ujar Anies dalam acara Halal Bihalal Caleg Gerindra DKI Jakarta di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, IDNTimes, Minggu (23/6).?

Ia juga mencontohkan sejumlah kawasan reklamasi yang ada di Jakarta Utara yang disebut sebagai pantai, bukan pulau. "Pantai Indah Kapuk itu reklamasi bukan? Reklamasi. Mutiara? Itu juga pantai. Ancol? Pantai," tambahnya.


Sebut Sidang Sengketa Pilpres Sebagai Politik Kentut, Politisi Gerindra Bilang, "Kita Merasakan Baunya"

Padahal di Peraturan Gubernur (Pergub) DKI yang menjadi landasan Anies menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), istilah yang digunakan adalah pulau, bukan pantai

Pergub DKI yang dimaksud adalah Pergub Nomor 206 Tahun 2016 tentang Panduan Rancang Kota Pulau C, Pulau D, dan Pulau E Hasil Reklamasi Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta sebagaiaman dikutip dari detikcom, Senin (24/6).

Pergub yang menggunakan istilah 'pulau' ini ditandatangani oleh Gubernur Jakarta terdahulu, yakni Basuki Tjahaja Purnama, pada 25 Oktober 2016. Pergub inilah yang dijadikan landasan Anies untuk menerbitkan IMB.

Soal Bergabung dengan Jokowi, Gerindra: Hanya Atas Dasar Kepentingan Bangsa

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu