logo


Tips Cerdas Memulai Usaha Es Buah

Walau sudah menjamur, usaha Es Buah seakan tak pernah mati

5 Maret 2015 11:01 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kalau Anda cermati dengan seksama, banyak macam usaha yang bisa Anda ambil sebagai peluang usaha penambah uang saku. Dari sekian banyak usaha di bidang kuliner, usaha yang hanya membutuhkan modal tipis tetapi mampu menghasilkan keuntungan yang melimpah adalah usaha minuman seperti Es Campur kreatif. Entah kapan tren es buah ini mulai berkembang, yang jelas usaha Es Campur merupakan golongan usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga sekalipun.

Kreasi Es Campur yang banyak diminati adalah Es Buah. Seperti diketahui, manfaat buah mampu memberikan kontribusi besar bagi kesehatan tubuh. Jika aneka macam buah segar diramu dengan es, sirup, susu kental manis, ketan hitam, atau bahan pangan lainnya, hidangan dipastikan bisa menghasilkan laba yang menyegarkan.

Walau sudah menjamur, usaha Es Buah seakan tak pernah mati. Selalu saja ada gerobak, kedai, outlet khusus yang menyajikan minuman segar ini. Menururt Pemiliki Sop Buah Dingin Kang Tompel Hendra Denny, selain modal kecil, usaha penjulan Es Buah juga tergolong sederhana dari segi pengelolahannya. Berikut beberapa hal yang mesti dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk membuka usaha Es Campur yang menyegarkan ini.


7 Cara Jitu Mempromosikan Usaha Rumahan Anda

Untuk menghasilkan Es Buah yang nikmat, tentu tidak bisa sembarangan mengolah bahan bakunya. Sebagai contoh pembuatan air gula. Membuat air gula yang legit, selain vanili dan daun pandan, madu pun ditambahkan ke dalamnya. Namun, penambahan madu ini tidak boleh dilakukan ketika air gula masih di atas kompor, karena kandungan vitamin pada madu akan hilang ketika madu dimasak.

Maka penambahan madu harus dilakukan setelah air gula matang, dan hangat kuku. Untuk menghasilkan kekentalan dan rasa manis yang pas, maka perbandingan antara gula pasir dan air adalah sekitar 4:1 atau 2 kg gula pasir dengan 500 ml air, perbandingan ini akan menghasilkan 2 liter air gula. Begitu juga ketika membuat kaldu atau jus buah. Tidak dibenarkan jika cairan yang digunakan untuk membuat jus adalah air biasa, tetapi harus menggunakan air gula. Hal ini disebabkan karena bila dicampur air maka rasa dari sari buahnya akan berkurang dan hasilnya akan lebih encer.

Tampilan yang menarik pastinya akan membuat pembeli tergoda untuk menyantap Es Buah. Maka susun potongan-potongan buah dengan rapi dan tidak asal dicampur menjadi satu. Potongan buah melon yang berwarna hijau berada di posisi paling bawah, baru ditambahkan potongan jambu merah, potongan mangga, alpukat, setelah itu buah-buahan lain tetapi sisakan potongan strawberry dan anggurnya untuk diletakkan di posisi paling atas. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan suatu gradasi warna yang menarik dan cantik. Setelah itu, siram dengan kaldu.

Setiap usaha pasti ada kendala, salah satunya adalah faktor cuaca seperti hujan. Kala musin hujan datang, jumlah pembeli menurun cukup drastis. Mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda lebih sering melihat ralaman cuaca terlebih dahulu. Cara ini diyakini bisa menimalisir kerugian dari bahan baku yang terbuang.

Sedangkan untuk menyiasati cuaca yang tidak menentu dan naiknya harga bahan baku buah, mungkin Anda harus mengeluarkan kocek lebih besar untuk membeli freezer sehingga bisa menyetok buah agar tidak mudah membusuk.

Tidak ada cara lain untuk mewujudkan mimpi usaha selain memulai berkerja keras serta cerdas untuk menciptakan hal-hal baru pada usaha yang diajalankan. Seluruh aspek usaha mulai dari produk, pelayanan, harga, hingga teknik pengolahan karyawan harus terus digali hingga mendapatkan yang terbaik. Dan yang terakhir, setiap strategi bisnis yang Anda jalankan harus selalu memperhatikan kepuasan para pelanggan. Ini semua sangat penting karena tanpa kepercayaan pelanggan, usaha Anda tidak akan sukses dengan mudah.

 

5 Langkah Jitu Mempertahankan Pelanggan dalam Bisnis Daycare

Halaman: 
Penulis : Hasballah