logo


62 Desa di Sumsel Belum Terlistriki, PLN: Kita Sudah Usulkan ke Pusat, Tinggal..

PLN menargetkan, tahun depan, seluruh desa di Sumsel akan diterangi listrik.

21 Juni 2019 10:58 WIB

Ilustrasi, petugas memeriksa jaringan listrik.
Ilustrasi, petugas memeriksa jaringan listrik. dok. PLN

PALEMBANG, JITUNEWS.COM - General Manager PT PLN Wilayah Sumsel, Jambi, Bengkulu (S2JB), Daryono, menargetkan, pada 2020 seluruh warga desa di wilayah Sumatera Selatan bisa menikmati energi listrik dari perusahaan milik negara itu.

"Rasio penggunaan listrik di Sumsel saat ini telah mencapai 91 persen, pada 2020 ditargetkan bisa mencapai 100 persen," kata Daryono, di Palembang, Kamis (20/6).

Daryono mengungkapkan, hingga Juni 2019 ini sekitar 8.000 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 62 desa dalam enam kabupaten wilayah Provinsi Sumsel, belum menikmati energi listrik PLN.


PLN Pasok Listrik 414.000 VA di Gerai Kedua IKEA di Jakarta

Dengan rincian, 34 desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir, 15 desa di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, 6 di Banyuasin, 3 desa di Musi Rawas, serta Musi Banyuasin dan Ogan Ilir masing-masing 2 desa. Total jiwa yang belum menikmati listrik di enam kabupaten itu sebanyak 8 ribu jiwa.

"Ada 62 desa yang belum dialiri listrik atau dua persen. Rata-rata di daerah perairan sehingga kita cukup kesulitan. Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan dan memperluas jangkauan listrik kepada masyarakat hingga pelosok desa," tukasnya.

Dia pun menargetkan, tahun depan, seluruh desa di Sumsel akan diterangi listrik. Separuh desa di antaranya menggunakan tenaga surya karena terkendala faktor alam. Hanya saja, pemasangan listrik tenaga surya berada di Kementerian ESDM.

"Kita sudah usulkan ke pusat, tinggal menunggu respon, anggaran tenaga surya jalan. Insya Allah tetap tuntas tahun depan," tuntasnya.

Dukung Mobil Listrik, PLN Tengah Siapkan Fasilitas SPLU Fast Charging

Halaman: 
Penulis : Riana