logo


Polemik Ikan Rokok di Internet, Menkominfo: Itu Tidak Bisa Multi Interpretasi

Rudiantara mengatakan, tidak menutup kemungkinan bila pemblokiran iklan rokok dapat merambah ke iklan yang menampilkan merek

19 Juni 2019 10:59 WIB

Menkominfo Rudiantara.
Menkominfo Rudiantara. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menyatakan belum tentu akan memblokir semua iklan rokok di internet.

Pasalnya, kata dia, lembaga yang bisa mengintepretasikan UU tentang Kesehatan sebagai dasar pemblokiran iklan rokok adalah Kementerian Kesehatan.

Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan bila pemblokiran iklan rokok dapat merambah ke iklan yang menampilkan merek, meski saat ini baru memblokir iklan yang menampilkan gambar rokok.


Kaji Pengaturan Izin VPN di Indonesia, Kominfo: Kalau Mereka Ngambil Data, Gimana?

Ia mengungkapkan, berdasarkan investigasinya, terdapat 114 Uniform Resource Locator (URL) yang telah melanggar Undang-undang (UU) kesehatan dan langsung diproses. Pasalnya, kanal internet tersebut memperagakan dan menampilkan wujud rokok dalam iklannya.

“Yang paling umum mengintepretasikan UU adalah regulator. UU Kesehatan ya Kemenkes. Saya sudah minta ke Bu Menkes untuk pertemuan kasi guidance ke Kominfo. Saya enggak tahu segalanya, jadi saya minta Kemenkes untuk menjabarkan lebih detail,” beber Rudiantara, di Jakarta, Selasa (18/6).

Oleh karenanya, saat ini untuk sementara dia hanya memblokir iklan-iklan rokok yang secara gamblang melanggar pedoman iklan yang sesuai dengan aturan Kemenkes. Hingga selanjutnya, pihak Kemenkes menjelaskan dengan pasti iklan seperti apa yang harus diblokir.

"Yang nyata melanggar, nyata ditulis, memperagakan wujud rokok itu aja dulu (yang diblokir). Karena itu tidak bisa multi interpretasi," tutur dia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyurati Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memblokir iklan rokok di internet, baik itu situsweb maupun media sosial.

Surat edaran No. TM.04.01/Menkes.314/2019 tentang pemblokiran itu dikirimkan dengan alasan untuk menekan konsumsi rokok pada anak-anak.

 

Kemenkes Desak Kemkominfo Blokir Iklan Rokok di Internet

Halaman: 
Penulis : Riana