logo


Mantap! Inovasi Pertamina EP Ini Hemat Biaya Jutaan Rupiah Per Hari!

Inovasi yang dijalankan PEP Bunyu Field ini mampu menghemat biaya operasional ESP sumur B-135 sebesar Rp 7 juta per hari.

18 Juni 2019 21:39 WIB

Pekerja memeriksa pipa PT Pertamina EP.
Pekerja memeriksa pipa PT Pertamina EP. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) melalui PEP Bunyu Field berhasil menghemat biaya operasional Electric Submersible Pump (ESP) sumur B-135 dengan memasang kabel power PLTG ke ESP sewa milik SLB.

Pemasangan kabel daya baru sepanjang 445 meter dari Gathering Station 2 (GS2) menuju sumur B-135 ini dilakukan pada rentang waktu 23 Maret hingga 31 Maret 2019. Selama terhubung dengan jaringan listrik PLTG PEP Bunyu dari 23-31 Maret tersebut, ESP sumur B-135 dilaporkan tidak mengalami gangguan.

Dengan adanya pemasangan kabel power tersebut, operasi sumur ESP B-135 tidak membutuhkan bahan bakar solar atau diesel oil fuel. Alhasil, inovasi yang dijalankan PEP Bunyu Field ini mampu menghemat biaya operasional ESP sumur B-135 sebesar Rp 7 juta per hari.


Pertamina dan Saudi Aramco Sepakat Lanjutkan Kerjasama Kilang Cilacap

“Kami memberikan apresiasi untuk tim listrik RAM (Reliability, Availability and Maintainability) sehingga generator sewa tidak digunakan lagi. Satu improvement yang dilakukan tim listrik RAM untuk menghemat biaya operasional dengan tidak lagi membayar sewa generator ESP milik SLB. Hal ini menunjukkan bahwa PEP Bunyu mampu meningkatkan produksi tanpa mengeluarkan biaya operasional yang besar,” terang Bunyu Field Manager, Julfrinson Sinaga, dalam keterangannya, Selasa (18/6).

Investasi LNG di Filipina, Pertamina: Nanti Kami Punya Persentase Beberapa Persen..

Halaman: 
Penulis : Riana