logo


KPU Jelaskan Langkah-langkah Hadapi Tim Hukum Prabowo-Sandi! Salah Satunya Siapkan...

KPU akan menjawab semuanya.

18 Juni 2019 09:17 WIB

Bambang Widjojanto
Bambang Widjojanto Kompas

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Seperti dilaporkan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempertanyakan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang pendahuluan.

Pasalnya, MK mengizinkan Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggunakan gugatan yang sudah diperbarui tanggal 10 Juni pada sidang pendahuluan pekan lalu.

Baca juga: KPU: MK Ini Ikuti Aturan Apa?


Luar Biasa! Jokowi Semakin Jauh Tinggalkan Prabowo dalam...

Namun meski begitu, pihak KPU telah mengantisipasi dan menyiapkan jawaban beserta alat bukti untuk menjawab semua gugatan.

"Untuk itu, maka KPU mengantisipasi. Kita jawab semua dengan tambahan alat bukti baru supaya kemudian apa yang dijawab KPU sudah mengakomodir, mencakup semua hal yang masuk dalam perbaikan permohonan BPN 02," jelas Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Senin (17/6) seperti dilansir CNNIndonesia.

Hasyim pun menjelaskan secara lebih detail maksud KPU akan menjawab semua gugatan.

"Yang dimaksud dijawab semua seperti ini, naskah semua permohonan kan tanggal 24 Mei, kemudian kita periksa, kita bandingkan dengan perbaikan permohonan yang 10 Juni. Apakah yang awal itu masih ada atau tidak? Apakah ada yang baru? Nah, ini yang akan kemudian dijawab semua," terangnya.

KPU juga saat ini tengah mempersiapkan argumen serta alat bukti yang tepat.

"KPU harus menguraikan dulu masalah yang dihadapi, misal soal pemilih siluman, itu benar atau enggak? KPU akan mengargumentasikan. Misalkan tidak benar, apa argumentasinya, apa alat buktinya, itu yang disiapkan KPU," lanjut Hasyim.

"Misal tuduhan manipulasi suara. KPU dalam jawaban bisa juga bertanya, 'ada enggak sih disebut manipulasi suara di mana?' Kalau memang enggak ada, KPU menyatakan permohonannya absurd; tidak jelas," pungkasnya.

KPU: MK Ini Ikuti Aturan Apa?

Halaman: 
Penulis : De Sukmono