logo


Jokowi Berencana Undang Maskapai Asing, Fadli Zon: Jangan Sampai Kita Jadi Bahan Tertawaan Dunia

"Saya berharap presiden berhati-hati sebelum melontarkan pernyataan"

17 Juni 2019 06:19 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menanggapi rencana Jokowi untuk mendatangkan maskapai asing untuk melayani rute domestik di Indonesia.

Ia mengatakan usulan Jokowi tersebut tidak sesuai dengan road map penyelesaian masalah. Bahkan, ia sempa bertanya-tanya tentang rencana Jokowi tersebut.

"Saya mencermati pernyataan-pernyataan presiden terkait industri penerbangan sejak akhir tahun lalu, mulai dari isu harga avtur, tiket mahal, hingga ke rencana mengundang maskapai asing, sama sekali tak mencerminkan road map penyelesaian masalah," kata Fadli Zon di Jakarta (16/6).


Heboh Istilah Setan Gundul, Fadli Zon Bilang, "Jangan Berikan Satu Spekulasi Juga pada Rakyat"

"Makanya saya bertanya-tanya, bagaimana bisa presiden tiba-tiba melontarkan pernyataan akan membuka rute domestik bagi maskapai asing? Usulan dari mana itu?" sambungnya.

Menurutnya, mengundang maskapai asing ke Indonesia akan bertabrakan dengan aturan internasional yang disebut Cabotage Article 7 dalam Chicago Convention. Oleh karena itu, ia meminta Jokowi untuk berhati-hati dalam melontarkan pernyataan.

"Jadi, saya berharap presiden berhati-hati sebelum melontarkan pernyataan. Jangan sampai kita jadi bahan tertawaan dunia karena asal ngomong tanpa memerhatikan konvensi hukum dengan berbagai konsekuensinya," pungkasnya.

Soal Kabar Gerindra Gabung Jokowi, Fadli Zon Bilang, "Sejauh yang Saya Tahu..."

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata