logo


Soal Keterlibatan Lukman Hakim di Kasusnya, Romi: Memang yang punya SK-kan Menteri Agama…

Romi pun mengakui, turut merekomendasikan Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Jawa Timur kepada Lukman

17 Juni 2019 05:26 WIB

Romahurmuziy
Romahurmuziy Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy (Romi), membenarkan bahwa rekan separtainya, yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terlibat dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Romi menyebut, Lukman adalah pihak yang berwenang menerbitkan Surat Keputusan (SK) jabatan di Kemenag, termasuk SK untuk Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin.

"Yang punya kewenangan menerbitkan SK kan Menteri Agama, jadi kalau mau menyatakan terlibat atau tidak justru pertanyaannya yang salah. Memang yang punya SK kan Menteri Agama," kata Romi usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/6).


Ditanya Soal 'Sepak Terjang' Menteri Agama, Romahurmuziy: Saya Tunggu Lailatul Qadar Dulu

Lebih jauh, Romi pun mengakui, turut merekomendasikan Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Jawa Timur kepada Lukman. Kata Romi, rekomendasi tersebut adalah hal wajar, meski Haris pernah menerima hukuman disiplin.

"Sebagai tokoh masyarakat, saya sering berkeliling nusantara, dan tidak jarang saya menerima masukan dari berbagai pihak yang mengusulkan sejumlah nama. Dan nama-nama itu saya usulkan ke Pak Menteri sebagai kewajiban saya sebagai anggota DPR," kata dia.

Bahkan, lanjut Romi, tak hanya Haris Hasanuddin saja yang dia rekomendasikan. Ada beberapa nama yang turut dia rekomendasikan untuk mengisi jabatan di beberapa Kementerian

Namun, sambung Romi, dirinya membantah jika telah menitipkan kedua nama itu kepada Lukman. Dia bahkan mengklaim tidak mengenal Haris dan Muafaq secara pribadi.

"Bukan atas titipan saya, tidak kenal (Haris dan Muafaq)," aku Romi.

 

Klaim Punya Bukti Kuat Korupsi Menteri Agama, KPK: Kalau Bantahan Kan Sering Ya Kita Dengar...

Halaman: 
Penulis : Riana