logo


Anies Terbitkan IMB di Pulau Reklamasi, Golkar Mengaku Heran

Menurut Anies, izin ini berbeda dengan kebijakan penghentian pulau reklamasi dan juga sudah sesuai dengan Peraturan Gubernur.

15 Juni 2019 10:15 WIB

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan Dok. Pemprov DKI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di pulau reklamasi. Menurutnya, izin ini berbeda dengan kebijakan penghentian pulau reklamasi dan juga sudah sesuai dengan Peraturan Gubernur.

"Pergub 206/2016 itulah yang jadi landasan hukum bagi pengembang untuk membangun. Bila saya mencabut Pergub itu, agar bangunan rumah tersebut kehilangan dasar hukumnya. Lalu membongkar bangunan tersebut maka yang hilang bukan saja bangunannya tapi kepastian atas hukum juga jadi hilang," kata Anies, Kamis (13/6).

Menanggapi hal itu, Fraksi Partai Golkar DKI Jakarta meminta Anies menjelaskan proses terbitnya izin tersebut. Mereka mengungkit tindakan Anies yang pernah menyegel bangunan di Pulau D.


Usai Sidang MK, Sandiaga Uno Berdoa," Semoga Allah..."

"Gubernur harus jelaskan ke publik. Dulu Pak Anies sendiri yang melakukan penegasan. Tentang reklamasi (melakukan) penolakan. Gubernur, beliau dengan berani ambil tindakan (disegel), sekarang rekomendasi izin. Ini saya pikir Anies harus jelaskan terbuka kepada masyarakat," ucap Ketua Fraksi Golkar Ashraf Ali dilansir dari detikcom, Jumat (14/6/2019).

"Jangan sampai tidak dijelaskan, karena akan menjadi preseden yang buruk," imbuhnya.

Ashraf menurutkan tindakan Anies yang menerbitkan IMB jadi pembahasan serius di DPRD DKI Jakarta. Para anggota dewan, kata dia, belum memahami soal alasan pemberian IMB di pulau reklamasi.

Tim Hukum Kubu 02: Lawan Prabowo-Sandi Bukan Hanya Joko Widodo Sebagai Capres Paslon 01, Tapi…

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu