logo


Tahun Ini, Pabrik Sagu Perhutani Akan Rampung

Pabrik seluas 15 ribu hektar itu akan memproduksi sagu sebanyak 100 ton per hari

4 Maret 2015 13:23 WIB

Logo Perum Perhutani (Ist)
Logo Perum Perhutani (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Perusahaan Perhutanan Indonesia (Perhutani) Agus Setyaprastawa mengungkapkan, pembangunan pabrik sagu milik Perhutani di Sorong, Papua, akan selesai di tahun ini. Pasalnya, pembangunan pabrik sagu tersebut sudah mencapai 85%.

Agus mengatakan, pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 15 ribu hektar itu nantinya akan memproduksi sagu sebanyak 100 ton per hari. "Sekarang sudah 85 persen. Tahun ini lah selesai," ungkap Agus kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4/3)

Namun meskipun demikian menurut Agus, pabrik tersebut tidak akan bisa langsung digunakan. Hal itu disebabkan, oleh masih adanya proses uji coba dalam menggunakan mesin pengolahan sagu.


Fokus Pembangunan Wilayah Pinggiran, Kawasan Perbatasan Sebagai Beranda Terdepan Indonesia

"Kalau tahun ini selesai tidak bisa langsung 100 persen produksi, masih ada proses commissioning, atau uji coba mesin untuk mengelola sagu," ujar Agus.

Agus juga menuturkan, pelebaran wilayah hingga ke Indonesia Timur memang di luar ranah kerja Perhutani. Namun, Perhutani telah mendapatkan mandat dari pemerintah untuk menjajaki wilayah Indonesia Timur.

"Ini penugasan, program pemerintah untuk meningkatkan produksi pangan yang mana potensi sagu di Papua sangat besar," tutupnya.

Dulu Hanya Lilin, Masyarakat Puncak Jaya Kini Nikmati Terangnya Lampu Tenaga Surya Hemat Energi

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Vicky Anggriawan