logo


Inilah Alasan Kenapa Kita Dilarang Menggunakan Ponsel saat di Pom Bensin

Apa hubungannya sinyal dan bahan bakar?

13 Juni 2019 13:44 WIB

Larangan di Pom Bensin
Larangan di Pom Bensin Hai-Online.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Pom bensin adalah tempat pengisian bahan bakar bagi kendaraan. Seringkali kita melihat beberapa tanda larangan di area pom bensin, salah satunya penggunaan ponsel. Memang apa hubungannya antara ponsel dengan bahan bakar?

Pada dasarnya, radiasi sinyal ponsel merambat lewat udara. Radiasi ini yang mempunyai sifat panas, walaupun panasnya tidak terasa bagi kulit manusia.

Baca juga: Bukan Karena Makhluk Halus, Ternyata Ini Alasan Anjing Suka Melolong Sendiri


Bukan Karena Makhluk Halus, Ternyata Ini Alasan Anjing Suka Melolong Sendiri

Sementara itu, bahan bakar yang dikeluarkan dari mesin di pom bensin punya sifat yang mudah menguap. Saat dimasukkan ke dalam mesin mobil, bahan bakar akan menguap dan uapnya ini punya sifat yang mudah terbakar.

Dikhawatirkan jika bertemunya radiasi panas dan uap dari bahan bakar ini bisa menghasilkan percikan api. Kalau sudah muncul percikan api, jelas bisa membahayakan seluruh area pom bensin.

Hal yang lebih bahaya lagi adalah sinyal dari ponsel ini bersifat tidak beraturan atau menyebar. Akibatnya, kita tidak bisa memperkirakan posisi sinyal itu dan membuat percikan api bisa muncul di mana saja.

Maka itu, aktivitas komunikasi dengan ponsel sangat dilarang ketika sedang berada di pom bensin, terutama di sekitar alat pengisian.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan tanpa perlu mematikan ponsel adalah dengan mengaktifkan mode pesawat.

Tengok! Inilah Daftar Jumlah Pemilih Tahun 2004 hingga 2019! Berapa Kenaikannya?

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu