logo


Terungkap! Sekjen Kemenag Sebut Lukman Ngotot Loloskan Haris Jadi Kakanwil Jatim

Menurut Kholis, semestinya Haris tak lolos dalam proses seleksi jabatan tersebut

12 Juni 2019 22:16 WIB

Sekjen Kemenag, M Nur Kholis Setiawan,
Sekjen Kemenag, M Nur Kholis Setiawan, Kemenag

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Mohammad Nur Kholis, membuat pernyataan mengejutkan, kala dirinya bersaksi dalam sidang kasus dugaan jual beli jabatan bagi terdakwa Haris Hasanudin, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (12/6).

Nur Kholis mengaku, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin ,'ngotot' meloloskan Haris dalam proses seleksi sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur.

"Beliau (Lukman) mengatakan' dari sekian calon, saya hanya kenal Haris. Saya sudah tahu kompetensinya karena menjabat Plt Kakanwil'," kata Nur Kholis mengulang ucapan Lukman.


Ditanya Soal 'Sepak Terjang' Menteri Agama, Romahurmuziy: Saya Tunggu Lailatul Qadar Dulu

Menurut Kholis, semestinya Haris tak lolos dalam proses seleksi jabatan tersebut, lantaran Haris terkena sanksi indisipliner oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam jabatan sebelumnya.

Nur Kholis pun menyebut, Lukman akan pasang badan jika ada yang menentang keputusannya melantik Haris.

"Saya akan pasang badan, saya sudah menghitung meskipun nanti disuruh membatalkan," beber Kholis, menirukan perkataan Lukman.

Kholis pun mengaku, menaikkan nilai makalah yang dibuat Haris.

"Kami sudah beritahu dari awal (soal rekomendasi KASN). Beliau sempat katakan ingin mendalami, tapi dalam beberapa kesempatan berikutnya beliau cenderung memilih Haris," katanya.

"Saya bilang nilainya enggak sampai, kalau ditotal urutan keempat. Tapi beliau beri masukan untuk jadi tiga besar," sambungnya.

Dan akhirnya, Haris dilantik oleh Lukman sebagai Kakanwil Kemenag Jatim pada 5 Maret 2019.

Klaim Punya Bukti Kuat Korupsi Menteri Agama, KPK: Kalau Bantahan Kan Sering Ya Kita Dengar...

Halaman: 
Penulis : Riana