logo


Pipa Gas Rumah Tangga akan Menjadi Tren Baru

Diproyeksi menggantikan gas cair tabung

4 Maret 2015 11:17 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pipa Gas rumah tangga diprediksi akan menjadi tren di masa mendatang sebagai bahan bakar rumah tangga, menggantikan popularitas gas tabung elpiji yang lebih repot didapatkan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyatakan, nantinya masyarakat tidak lagi perlu menggotong-gotong tabung gas elpiji. Melainkan menikmati gas melalui pipa gas rumah tangga.

"Itu bisa menjadi solusi supaya gas tidak harus digotong-gotong masuk ke rumah tangga - rumah tangga," papar Sudirman di Jakarta, sore kemarin, Selasa (3/3).


Genjot Pertumbuhan Ekonomi, 64% Produksi Gas Nasional untuk Domestik

Menurut Sudirman, untuk membangun infrastruktur pipa gas rumah tangga ini memang membutuhkan waktu lama. Sampai saat ini, teknisnya masih dipelajari. "Tentu saja memerlukan waktu. Kita pemerintah sedang mengebut supaya ini menjadi tren baru dari mulai pipa transmisinya sampai ke gas rumah tangga," ujarnya.

Namun Sudirman menuturkan, di beberapa titik saat ini pipa gas rumah tangga sudah siap diresmikan, seperti di Semarang. Di beberapa wilayah Jabodetabek dan rumah susun juga sudah ada yang beroperasi.

"Jadi sekarang kita mulai berkordinasi dengan Kementerian Perumahan Rakyat, supaya rumah rumah baru itu bisa diikutkan dengan infratruktur gas rumah tangga sehingga tidak perlu lagi bongkar yang sudah jadi," ujarnya.

Gunakan GasMin, Industri Kecil di Sidoarjo Mampu Tingkatkan Omset Secara Efektif

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana,