logo


Eks Bos-nya Divonis Bersalah, Begini Respon Pertamina

Terkait putusan vonis Karen tersebut, PT Pertamina (Persero) mengaku prihatin.

11 Juni 2019 21:56 WIB

Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Karen Agustiawan
Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Karen Agustiawan Liputan6.com/Herman Zakharia

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Karen Agustiawan, akhirnya divonis hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan karena dianggap melakukan korupsi atas akuisisi Pertamina terhadap blok migas Basker Manta Gummy (BMG) di Australia.

Terkait putusan vonis Karen tersebut, PT Pertamina (Persero) pun mengaku prihatin.

vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan, pihaknya menghormati proses hukum yang berjalan dan berharap fakta yang disiapkan tim kuasa hukum Karen bisa terbukti dalam proses banding yang sudah diajukan.


Divonis 8 Tahun Penjara, Eks Bos Pertamina: Saya Mengingatkan Direksi BUMN Saat Ini, Kalau Niatnya Baik…

“Kami sangat prihatin atas hal yang terjadi dengan Bu Karen. Kami tetap menghormati proses hukum yang berjalan. Kalau tidak salah Bu Karen mengajukan banding. Semoga fakta dan bukti kuat yang disampaikan Bu Karen menjadi bahan pertimbangan majelis hakim di pengadilan selanjutnya,” kata Fajriyah, di Jakarta, Selasa (11/6).

Diketahui, pasca-divonis bersalah, Karen mengatakan bahwa kasusnya akan menjalar ke berbagai aksi korporasi BUMN lainnya, termasuk Pertamina. Lantaran sangat terbuka kesempatan untuk dilakukan kriminalisasi terhadap aksi korporasi.

Terkait hal itu, Fajriyah menuturkan bahwa Pertamina diberikan amanat dari negara untuk memastikan ketahanan energi tetap terbuka dengan opsi akuisisi.

“Pertamina konsisten untuk terus menjalankan perannya sebagai penyedia energi untuk negeri. Upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mendukung hal tersebut, harus terus dilakukan demi ketahanan energi nasional,” tuntasnya, sebagaimana diwartakan dunia-energi.com.

 

Wamen ESDM: Penandatanganan WK Selat Panjang Semoga Pekan Ini Selesai, Jadi Bisa…

Halaman: 
Penulis : Riana