logo


Arus Balik Belum Selesai, 40 Persen Kendaraan Pemudik Belum Masuk ke Jakarta

Diprediksi arus balik mudik lebaran sampai besok

10 Juni 2019 17:44 WIB

Gerbang Tol Cikampek Utama
Gerbang Tol Cikampek Utama Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Cuti bersama libur lebaran sudah usai, namun Diprediksi hari ini masih menjadi arus balik libur Lebaran. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan arus balik masih akan terjadi hari ini hingga besok (11/6).

“Perkiraan masih sekitar 35 persen sampai 40 persen (pemudik) yang ke Jakarta,” kata Budi, Senin (10/6/2019).

Budi mengatakan pihaknya masih berkoordinasi kepada pihak terkait untuk menanggulangi arus balik mengingat masih ada pemudik yang belum kembali ke Jakarta. Beberapa hal akan dilakukan, termasuk juga penerapan sistem satu arah yang diberlakukan di jalan tol.


Tahun Ini, Pelayanan Mudik Bagus

“Sistem satu arah haru ini belum dibicarakan. Sementara belum tapi kita menghabiskan, tadi pagi jam 7 masih berlaku (sistem satu arah),” jelas Budi.

Sistem rekayasa lalu lintas akan disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan pada hari ini. Rekayasa lalu lintas teramsuk sistem satu arah akan dievaluasi setiap harinya.

Dari catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, hampir 720 Ribu kendaraan kembali ke Jakarta dari arah timur, barat, dan selatan selama H+1 sampai H+3 Lebaran 2019 ada kenaikan angka sebesar 67,38 persen dari lalu lintas harian rata-rata normal sebesar 429.944 kendaraan.

Kalau diamati dari data jumlah kendaraan selama dua hari arus balik, angka tersebut baru 59 persen dari total arus mudik sebesar 1,21 juta kendaraan. Jadi masih sisa 41 persen atau sebanyak 497 Ribu kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan dari Jakarta.

Untuk distribusinya lalu lintas di ketiga arah adalah sebesar 62 persen dari arah timur, 22 persen dari arah barat, dan 16 persen dari arah selatan.

Ini Penyebab Macet Panjang Arus Balik H+3

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman