logo


Jangan Panaskan Opor Sisa Lebaran Berulang Kali, Dampaknya Berbahaya!

Bolehkah kita memanaskan makanan sisa lebaran sampai berulang kali?

8 Juni 2019 10:14 WIB

Makanan Khas Lebaran
Makanan Khas Lebaran Hello Sehat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kebanyakan makanan lebaran menggunakan santan sebagai campurannya. Contohnya opor atau rendang. Keduanya menjadi santapan wajib di momen setahun sekali ini.

Makanan yang disajikan untuk keluarga besar pastilah dimasak dalam jumlah besar. Namun, saking banyaknya, menu Lebaran ini seringkali masih tersisa. Tak habis dalam sekali santap. Bahkan tak jarang bila mereka akan hadir hingga tiga hari ke depan.

Proses memanaskan dilakukan berulang kali, supaya makanan tak basi dan masih layak dikonsumsi. Namun, adakah dampak kesehatan yang akan timbul bila memanaskan makanan bersantan berulang kali?


Tak Perlu Khawatir, Ini Dia Daftar Makanan Perontok Lemak Pasca Lebaran

Dilansir dari kumparan, Jumat (7/6), menurut Achmad Fitriyanto selaku ahli gizi RSUD Kabupaten Jepara, makanan berbahan santan sebaiknya dikonsumsi dalam sekali santap saja. Apabila dimasak berkali-kali, akan muncul lapisan minyak pada permukaannya. Itulah yang menyebabkan masakan menjadi berbahaya.

Santan kelapa sebenarnya mengandung asam lemak dan trigliserid yang mudah dibakar oleh tubuh, selain itu juga mengandung sedikit fruktosa yang merupakan pemanis alami.

Setelah mengalami proses pemanasan hingga berulang kali, jenis lemaknya akan berubah dan malah mengganggu kesehatan tubuh. Misalnya, meningkatkan kadar kolesterol total dalan darah.

Maka itu, jangan memanaskan opor atau rendang sampai berkali-kali dan usahakan langsung habis disantap, ya. Atau, mungkin kita bisa mengakalinya dengan memasak hidangan lebaran dalam jumlah wajar dan tak berlebihan.

Jangan Konsumsi Makanan Ini saat Sarapan, Efeknya Berbahaya!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu