logo


Waspada, BMKG Perkirakan Terjadi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Beberapa Wilayah

Mulyono mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem

7 Juni 2019 14:43 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan terjadi hujan lebat pada tanggal 6-10 Juni 2019.

Dimana keadaan cuaca itu berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat indikasi fase basah dari aktivitas gelombang atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO) yang dapat disertai dengan perlambatan angin, pembentukan pusaran dan belokan angin di Aceh, Sumut, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Kalteng, Kaltim, Kaltara, Sulteng, Sulbar, Malut, Maluku, Papua barat dan Papua yang dapat berdampak pada peningkatan kondisi cuaca signifikan di beberapa wilayah di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R. Prabowo mengatakan potensi terjadi hujan lebat dapat terjadi beberapa wilayah, antara lain di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara.


Kemenhub: Data dan Informasi BMKG Jadi Kunci Keselamatan Transportasi

“Hujan lebat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua,” ujarnya di Jakarta, Jumat (7/6).

Selain potensi hujan lebat, diprakirakan juga ada potensi angin kencang di beberapa wilayah yaitu di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Bakamla Tanda Tangan Nota Kesepahaman Kerja Sama dengan BMKG

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata