logo


Ada Apa! Di Sepanjang Jalur Pantura Dilarang Putar Balik

150 U-turn ditutup

31 Mei 2019 14:33 WIB

Jalur Mudik Pantura
Jalur Mudik Pantura Dok. NTMC Polri

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Untuk memberi kenyamanan dan kelancaran bagi para pemudik, sepanjang jalur pantura dipasangi palang di setiap putaran balik. Hal ini dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas. Hal ini dikarenakan volume kendaraan saat arus mudik Lebaran 2019 mengalami peningkatan sangat signifikan.

Seperti yang diinformasikan laman NTMC Polri, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menyebutkan di sepanjang jalan Pantura Cirebon terdapat 150 u-turn. “Total u-turn di Cirebon itu sekitar 200 lebih ya. Kemudian yang kita tutup itu ada 150 u-turn,” kata Suhermanto, Jumat (31/5).

Dia menambahkan penutupan seratusan u-turn itu dilakukan sejak H-7 kemarin. Penutupan putaran balik arah bakal dilakukan hingga Operasi Ketupat Lodaya 2019 selesai. Penutupan putaran balik arah bertujuan untuk memperlancar arus mudik. Pasalnya, putaran balik arah kerap menjadi biang kemacetan.

“Selain mengantisipasi kemacetan, penutupan u-turn ini untuk mengantisipasi kecelakaan kendaraan,” ujarnya.


One Way Jalur Mudik Diberlakukan, Begini Cara Pertamina Penuhi Pasokan BBM

Saat ini volume dan laju kendaraan dari arah Jakarta mengalami peningkatan saat arus mudik. Sehingga, hambatan jalan, seperti pengendara yang memutar balik melalui putaran balik arah menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan.

“Ya antisipasi kecelakaan jalur mudik. Paling banyak u-turn itu di titik Kecamatan Palimanan kemudian sampai Astana Japura,” pungkasnya.

Apresiasi Kesiapan Pertamina, Ketua YLKI Minta Tetap Waspada

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman