logo


Awas! Jalur Mudik Ini Rawan Kecelakaan

Keep Safety Riding!

29 Mei 2019 11:11 WIB

Ilustrasi Mudik
Ilustrasi Mudik Dok. NTMC Polri

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ada baiknya sebelum mudik kita mempersiapkan segala macam kebutuhan di perjalanan termasuk keamanan kendaraan. Sebab kalau Anda melewati wilayah Bandung ada beberapa jalur yang memang cukup rawan terjadinya kecelakaan.

Dilansir dari laman resmi NTMC Polri, Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan mengatakan, bahwa jalur rawan kecelakaan itu banyak terjadi di wilayah Baleendah dan Ibun.

“Dari 2018 itu terjadi banyak kecelakaan di daerah Baleendah kemudian Ibun, karena medannya secara geografis itu dari Ibun ke Samarang jalurnya bertanjakan, sebaliknya turunan,” kata Indra, Selasa (28/5).


Mudik 2019, Ini Program dan Layanan Unggulan Pertamina

Dari data yang tercatat ada tiga kecelakaan terjadi di jalur tersebut yang mengakibatkan kematian, namun angka kecelakaan itu dinilai menurun dibanding 2017.

“Kecelakaan biasanya terjadi pada kendaraan matic,” imbuhnya.

Soal keaamanan di wilayahnya Indra mengatakan sejumlah personel akan diterjunkan dalam operasi ketupat 2019. Pos-pos pengamanan dan pelayanan pun akan dibangun di sejumlah titik di jalur yang dilewati pemudik.

“26 pos pengamanan disiapkan sekitar 1.648 personel dalam operasi ini dan juga ada 2 pos pelayanan, pos kesehatan dan derek, pemadaman di Cikaledong dan Ciwidey,” ujar dia.

Untuk mengantisipasi kemacetan akan disiapkan jalur alternatif yakni jalur Tol 148 Sapan sampai tembus di Cijapati Garut, dan jalur alternatif melalui Ibun-Samarang-Garut.

“Untuk rambu berkoordinasi dengan Dishub, kita persiapkan rambu petunjuk di jalan alternatif Sapan sampai dengan Cijapati maupun Ibun sampai Samaran. Ini rambu petunjuk arah, di Ibun khususnya jalan medan, rambu peringatan gunakan gigi satu,” pungkasnya.

Operasi Ketupat 2019 Libatkan 157 Ribu Personel Gabungan

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman