logo


Mudik Lebaran, Konsumsi Avtur Diprediksi Naik 8 Persen

Guna memenuhi kebutuhan avtur, Pertamina sudah mempersiapkan stok.

28 Mei 2019 08:36 WIB

Ilustrasi petugas Pertamina sedang mengisi avtur
Ilustrasi petugas Pertamina sedang mengisi avtur ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Marketing Koorporat PT Pertamina (Persero), Basuki Trikora, memprediksikan, konsumsi BBM jenis Avtur untuk transportasi udara saat mudik Hari Raya Idulfitri, naik 8%.

"Untuk transportasi udara kita perkirakan dari pengalaman yang ada, akan ada kenaikan di H-5. Kalau Lebaran di 5 Juni, maka akan ada peningkatan 8 persen di hari Sabtu sebelumnya," kata Basuki, di Jakarta, Senin (17/5).

Guna memenuhi kebutuhan avtur, Pertamina sudah mempersiapkan stok. Bahkan, kata Basuki, stok itu cukup untuk memenuhi pernerbangan ektra di hari Lebaran.


Ramadan, Pertamina Rajin Gelar Pasar Murah LPG

"Ada extra flight, kami siap untuk memasok. Proyeksi 2019: 13.561 KL. DOT (penjualan harian, red) 2019: 13.414 KL," sambung Basuki.

Basuki merinci, peningkatan pemakaian avtur terjadi di beberapa bandara.

"Di bandara besar, Jakarta, Makassar, Jogja. Proyeksi 2019 dibandingkan realisasi 2018 akan turun 15 persen. sebab DOT 2019-DOT 2018 turun 12,8 persen," bebernya.

Sementara, konsumsi BBM untuk industri, kata dia, malah turun. Pasalnya, pada Lebaran semua industri libur.

"Industri, biasanya justru akan mengalami penurunan. Setelah ada pengaturan dari lalu lintas. H-5 sampai H + 5, kendaraan industri akan mengalmai penurunan," tuntas Basuki, dikutip dari inilah.com.

Mudik 2019, Ini Program dan Layanan Unggulan Pertamina

Halaman: 
Penulis : Riana