logo


Awas, Rentenir Berkedok Koperasi Marak Jelang Lebaran!

Masyarakat harus hati-hati dalam memanfaatkan jasa layanan keuangan, jangan asal butuh karena menjelang Lebaran

24 Mei 2019 21:16 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. cnbc.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Koperasi dan UKM mengimbau masyarakat teliti terhadap koperasi yang menawarkan pinjaman dengan berbagai iming-iming kemudahan padahal berujung pada jebakan praktik rentenir.

Imbauan itu dilakukan atas dasar kebiasaan masyarakat yang kerap mencari pinjaman ke berbagai lembaga keuangan termasuk koperasi untuk memenuhi beragam keperluan yang meningkat tajam menjelang perayaan Idulfitri.

Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Suparno, menegaskan, masyarakat harus hati-hati dalam memanfaatkan jasa layanan keuangan, jangan asal butuh karena menjelang Lebaran maka mengabaikan prinsip kehati-hatian.


Sering Dianggap Ketinggalan Zaman, Kemenkop UKM Siap Lakukan Rebranding Koperasi

"Masyarakat harus melihat aspek legalitas dari lembaga keuangan tersebut selain juga harus memperhatikan aspek logis dari produk pinjaman yang ditawarkan," kata Suparno, di Jakarta, Jumat (24/5).

Dia mengingatkan, perlu diwaspadai maraknya koperasi yang menjalankan usahanya layaknya rentenir dengan memberikan bunga yang tinggi. Meski mengatasnamakan sebagai koperasi, kegiatan para pengelola ternyata jauh dari penerapan aturan yang sebenarnya.

"Praktik seperti ini marak menjelang Lebaran mengingat kebutuhan masyarakat yang tinggi, terutama di pelosok daerah dimana masyarakat tidak banyak mendapat informasi yang tepat terhadap akses keuangan," tegasnya.

Buka Kampung Ramadan, Kemenkop UKM: Selain Bazaar, Juga Tersedia...

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana