logo


KKP Lakukan Konsulitasi Perubahan Implementasi Perizinan Berbasis Online

Bagaimana proses perijinannya, yuk simak!

22 Mei 2019 14:16 WIB

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebjakto
Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebjakto Dok. Humas KKP

Disamping itu, salah satu poin penting dalam rancangan Permen KP terkait SIKPI yakni adanya ketentuan terkait frekwensi masuk kapal pengangkut ikan berbendera asing ke Wilayah Pengelolaan Perikanan yakni sebanyak 24 kali dalam setahun. Adapun pelabuhan muat singgah diberikan sebanyak 4 pelabuhan dengan ketentuan hanya diijinkan menyinggahi 1 pelabuhan setiap kali masuk WPP RI.

Perwakilan pelaku usaha, Helfizar, Sales Manager PT. Caprifarmindo Laboratories, berharap melalui sistem perijinan OSS ini akan semakin mempermudah pengajuan ijin usaha, terutama terkait efesiensi waktu penyelesaian.

Prabowo Ajukan Gugatan ke MK, Yusril Bilang, "Tidak Mudah untuk Membuktikannya ya"


Tiru Jokowi, Fadli Zon Incognito ke Tambak Lorok

"Contohnya dulu, proses pendaftaran obat hewan membutuhkan waktu cukup lama, saya berharap saat ini bisa lebih cepat," ungkapnya saat dimintai keterangan.

Selain konsultasi publik, pada kesempatan yang sama KKP juga melakukan sosialisasi pemberlakuan Permen KP No. 55 Tahun 2018 tentang Pakan Ikan; Permen KP No 56 tahun 2018 tentang Rekomendasi Pemasukan Calon Induk, Induk, Benih Ikan dan/atau Inti Mutiara; dan Permen KP No. 1 Tahun 2019 tentang Obat Ikan. Dalam Permen KP tersebut disebutkan bahwa setidaknya ada 2 (dua) poin penting yang telah direvisi yakni terkait prosedur layanan perijinan yang semula tidak terintegrasi menjadi berbasis OSS (online single submission) dan waktu proses layanan yang lebih cepat dari sebelumnya.

KKP: Keberhasilan Budidaya Cacing Sutera Dorong Produksi Benih Ikan Nasional

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata