logo


KKP Lakukan Konsulitasi Perubahan Implementasi Perizinan Berbasis Online

Bagaimana proses perijinannya, yuk simak!

22 Mei 2019 14:16 WIB

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebjakto
Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebjakto Dok. Humas KKP

"Tujuan utama sistem OSS ini kan memberikan pelayanan publik secara prima. Salah satu yang dikeluhkan sebelum adanya OSS ini yakni pelayanan perijinan yang cenderung rumit dan memakan waktu. Imbasnya ada pengaruh terhadap kurang optimalnya investasi. Saya kira ini yang terus disinggung oleh Presiden Jokowi agar perijinan dipermudah melalui penyederhanaan mekanismenya, sehingga mempermudah investasi termasuk pada subsektor perikanan budidaya, jelasnya

"Kami berharap reformasi perjinan usaha pembudidaya ikan melalui OSS ini akan memicu tumbuhnya investasi dibidang ini", imbuh Slamet.

Mulai Padati Gedung Bawaslu, Massa Aksi 22 Mei Teriakan, "Pak Polisi Jangan Ikut Kompetisi"


Tiru Jokowi, Fadli Zon Incognito ke Tambak Lorok

Namun menurut Slamet, kemudahan perijinan dalam usaha pembudidayaan tidak mereduksi berbagai persyaratan penting yang wajib dipenuhi. Artinya, SIUP dinyatakan berlaku efektif jika semua komitmen persyaratan telah terpenuhi. Jika tidak terpenuhi, maka SIUP dinyatakan tidak berlaku. Komitmen penerbitan SIUP tersebut antara lain persyaratan mengenai ijin lokasi, ijin lingkungan, pemenuhan PNBP, dan Rencana Usaha. Jangka waktu batas pemenuhannya lebih singkat.

Sebagai gambaran dalam sistem OSS pelayanan untuk penerbitan SIUP atau SIKPI berlaku efektif hanya membutuhkan waktu maksimal 60 menit dari sebelumnya 24 hari; pemenuhan komitmen tergantung pada keampuan pelaku usaha untuk menyelesaikannya;  sedangkan keputusan persetujuan/penolakan SIUP atau SIKPI sudah berlaku efektif membutuhkan waktu 5 hari kerja.

Komitmen yang harus dipenuhi dalam penerbitan SIKPI antara lain: cek fisik kapal, rencana usaha, PNBP; dan Surat Kerjasama dengan Pembudidaya Kecil.

KKP: Keberhasilan Budidaya Cacing Sutera Dorong Produksi Benih Ikan Nasional

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata