logo


KKP Lakukan Konsulitasi Perubahan Implementasi Perizinan Berbasis Online

Bagaimana proses perijinannya, yuk simak!

22 Mei 2019 14:16 WIB

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebjakto
Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebjakto Dok. Humas KKP

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan konsultasi publik terkait rencana pemberlakuan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Usaha Pembudidayaan Ikan kepada stakeholders terkait di Bandung, Selasa (21/5).

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto dalam keterangannya mengatakan bahwa konsultasi publik terkait pemberlakuan aturan merupakan proses yang mutlak harus dilakukan sebagaimana amanat dalam Permen KP 25 tahun 2012 sebagaimana diubah dengan Permen KP nomor 49tahun 2017. Menurutnya, efektifitas sebuah regulasi atau aturan sangat ditentukan oleh peran partisipasi publik, termasuk aspirasinya, karena publik sebagai objek langsung atas aturan yang akan berlaku.

Baca Juga: Massa Akis 22 Mei Ricuh, PSI ke Sandiaga, "Sadarlah Pak Sandiaga..."


Tiru Jokowi, Fadli Zon Incognito ke Tambak Lorok

"Konsultasi publik ini tujuannya untuk menyerap masukan atas rencana pemberlakuan Permen KP. Ini penting agar publik faham dan keberterimaannya terjamin," ungkap Slamet.

Adapun Rancangan Permen KP tentang usaha pembudidayaan ini merupakan pembaharuan dari Permen KP sebelumnya. Poin pentingnya yakni implementasi sistem perizinan usaha melalui Online Single Submission (OSS). Ada 2 (tiga) jenis layanan usaha yang diatur dalam Permen ini yakni terkait Surat Ijin Usaha Perikanan (SIUP) bidang Pembudidayaan Ikan, dan Surat Ijin Kapal Pengangkut Ikan Hidup (SIKPI) Hasil Pembudidayaan Ikan.

Slamet menjelaskan, sistem OSS merupakan bagian dari upaya reformasi birokrasi yakni bagaimana meningkatkan pelayanan perijinan yang terintegrasi, efisien dan akuntable. Ia menjelaskan bahwa ada 6 (enam) prinsip dasar penerapan OSS yakni kemudahan akses,  terstandarisasi, terintegrasi, pengawasan oleh profesi bersertifikat, kepercayaan kepada pelaku usaha untuk menenuhi standar, dan terpenuhinya aspek keselamatan, kesehatan, keamanan dan lingkungan.

KKP: Keberhasilan Budidaya Cacing Sutera Dorong Produksi Benih Ikan Nasional

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata