logo


Genjot Rasio Elektrifikasi, PLN Tambah Desa Berlistrik di Kalbar

Saat ini, rasio desa berlistrik di Kalbar sebesar 79,25 persen dari 2.130 desa yang ada.

21 Mei 2019 09:48 WIB

Ilustrasi listrik menyala
Ilustrasi listrik menyala hellokarimun.com

PONTIANAK, JITUNEWS.COM - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalimantan Barat (Kalbar) terus melakukan penambahan desa berlistrik. Hal ini bertujuan meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah tersebut.

Penambahan desa berlistrik itu ditandai dengan penancapan tiang pertama proyek Listrik Desa (Lisdes) se- Kalbar di Kabupaten Sanggau.

"Kegiatan groundbreaking Lisdes di Kalbar dipusatkan di Desa Mandong, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, itu menandai pelaksanaan seluruh pekerjaan proyek Lisdes 2019,"papar General Manager PLN UIW Kalbar, Agung Murdifi, di Sanggau, Senin (20/5).


Lebaran 2019, PLN Kasih Promo Diskon Tambah Daya Listrik, Rumah Ibadah Gratis!!

Agung mengatakan, pada 2019 ini PLN melalui proyek Lisdes akan melistriki 60 desa atau dusun yang tersebar di 12 kabupaten yang ada di Kalbar. Saat ini, rasio desa berlistrik di Kalbar sebesar 79,25 persen dari 2.130 desa yang ada.

"Sebanyak 1.515 desa menggunakan listrik PLN dan 174 desa non-PLN. Kami berharap seluruh pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu," kata Agung.

Diakuinya, seluruh material menyangkut pelaksana pekerjaan sudah tersedia, sebagian sudah dikirim ke lokasi desa yang bersangkutan. Kondisi sarana transportasi yang kurang kondusif di beberapa daerah menjadi kendala utama saat proses pengangkutan material.

Khusus Desa Mandong, terdapat tiga dusun yang akan dilistriki, yakni Dusun Terindak, Dusun Empayan, dan Dusun Tuan. Panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang akan dibangun sepanjang 7,225 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,024 kms, dan gardu distribusi.

"Dengan adanya pembangunan dan perluasan jaringan ini nantinya PLN akan melakukan penyambungan 171 rumah warga," jelas dia.

PLN Ajak Millennial ITS Bangun Negeri

Halaman: 
Penulis : Riana