logo


Dipaksa Cabut Kerja Sama dari Brand AS, Bagaimana Nasib Huawei Kedepannya?

Akankah Huawei akan gulung tikar karena Amerika Serikat?

20 Mei 2019 16:00 WIB

Smartphone Huawei Mate 20 Pro
Smartphone Huawei Mate 20 Pro techio.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setelah AS melakukan tekanan keras terhadap perusahaan teknologi Cina (disini ZTE dan Huawei), kini Google juga telah memutus lisensi Android Huawei. Kabar ini kami peroleh dari salah satu sumber yaitu Reuters. Dengan adanya pencabutan lisensi tersebut maka akan menjadi pukulan besar bagi vendor seperti Huawei.

Jika laporan Reuters benar maka Huawei segera tidak akan mendapatkan dukungan update dari Google. Bukan hanya Google yang mencabut dukungan mereka, Intel, Qualcomm dan Broadcom juga melakukan hal yang serupa.

Baca juga: Dicekal di AS, Huawei Putus Hubungan dengan Intel, Qualcomm, dan Broadcom


Smartphone Baru, Vivo Y3 Dibanderol Rp 3 Jutaan

Lantas, bagaimana nasib Huawei kedepannya? Sebagai brand teknologi ternama, tentu saja hal ini sangat mengancam eksistensi Huawei sebagai pemasok smartphone bagi pasar dunia.

Jika Huawei tak mampu membuat perangkatnya sendiri tanpa bantuan dari Google, Intel, Qualcomm dan Broadcom maka kemungkinan pengguna akan beralih ke ponsel lain dan bukan tak mungkin Huawei gulung tikar karenanya.

Reuters juga mengatakan Google masih memperdebatkan rincian tentang bagaimana sanksi ini akan bekerja, tetapi Huawei akan "segera kehilangan akses ke pembaruan Android," dan bahwa smartphone di masa depan akan kehilangan akses ke Google Play Store dan aplikasi seperti Gmail.

Dengan adanya keputusan dari Google ini, maka dapat menimbulkan risiko serius bagi masa depan bisnis seluler inti Huawei. Perusahaan sebenarnya sudah menyiapkan sistem operasinya sendiri apabila nantinya dilarang menggunakan Android dan Windows, tetapi mengingat kekhawatiran AS tentang campur tangan asing, OS yang digunakan kemungkinan akan menghadapi lebih banyak pengawasan daripada saat mereka menggunakan OS dari Google.

Rilis Versi Baru, Oppo A9x Punya Kamera 48 MP Seharga Rp 4 Jutaan

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu