logo


Antisipasi Hujan Abu di Lereng Gunung Merapi, Bamsoet Imbau BPBD Bagikan Masker ke Masyarakat

“Saya juga meminta untuk menyediakan masker untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar Gunung Merapi"

20 Mei 2019 15:13 WIB

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet)
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/BASARNAS), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk siaga dan melakukan antisipasi terhadap potensi terjadinya hujan abu di sekitar Gunung Merapi.

“Saya juga meminta untuk menyediakan masker untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar Gunung Merapi,” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (20/5).

Baca Juga: Heran dengan Penangkapan Lieus, Politisi Gerindra: Kalau Sekedar Ngomong Makar Doang, Masa Ditangkap?


Ungkap Pentingya Investasi, Bamsoet: Akan Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Politisi Partai Golkar ini juga mendorong BNPP untuk melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di zona bahaya yaitu radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi jika terjadi bencana gempa.

“Hal ini dilakukan guna menghindari adanya korban saat terjadinya kembali guguran lava pijar ataupun banjir lahar,” kata Bamsoet.

BPBD juga diminta untuk bekerja sama dengan Pemda untuk mempersiapkan tempat singgah yang cukup dan memadai bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Merapi sebagai langkah antisipasi terjadinya peningkatan pada aktivitas Gunung Merapi.

Ferdinand Berhenti Dukung Prabowo, Arief Poyuono Bilang, "Baguslah"

Selain itu, BNPB dan BPBD untuk membuat jalur-jalur evakuasi yang dilengkapi dengan tanda-tanda yang jelas guna memudahkan masyarakat untuk evakuasi saat terjadi erupsi.

Tak hanya itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Tim Pemantau Gunung Api untuk memberikan informasi terupdate kepada masyarakat, baik melalui media cetak, siber, maupun siaran, mengenai kondisi terkini dari status Gunung Merapi.

“Saya Imbau masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan serta selalu mengikuti arahan dari petugas dan memperbarui informasi terbaru terkait status gunung dari BMKG dan PVMBG sebagai institusi resmi,” pungkasnya.

Bamsoet Dorong Kemenhub Lakukan Evaluasi Penurunan Tarif Batas Atas Pesawat

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata