logo


Peranan Eks HTI Dalam Seruan People Power 22 Mei

Mantan juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto menyebut dugaan kecurangan Pemilu 2019 dan harus dilawan umat Islam.

20 Mei 2019 11:42 WIB

Juru bicara HTI Muhammad Ismail Yusanto.
Juru bicara HTI Muhammad Ismail Yusanto. Jitunews/Latiko Aldilla DIrga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto menyebut dugaan kecurangan Pemilu 2019 yang menurutnya terjadi secara terstruktur, sistematis, masif, dan brutal, adalah kemungkaran yang harus dilawan oleh umat Islam.

"Kecurangan pemilu yang dilakukan secara terstruktur, sistematis, masif, dan brutal itu adalah kemungkaran. Menurut Islam tidak boleh dibiarkan suatu kemungkaran," kata Ismail dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (20/5).

Baca juga: Ferdinand Berhenti Dukung Prabowo, BPN Langsung Respon Begini


Ferdinand Berhenti Dukung Prabowo, Demokrat Bilang, "Tetap 02, Sampai Nanti...."

Amien Rais yang belakangan mengganti seruan people power dengan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat, mengimbau warga turun ke jalan saat KPU menetapkan hasil penghitungan suara Pemilu 2019, 22 Mei mendatang.

Ismail sendiri menolak membeberkan ihwal partisipasi para eks kader HTI dalam aksi 22 Mei nanti. Dia berkata hal itu menjadi rahasia para kader eks HTI.

Namun dia menegaskan sebagai umat Islam, eks kader HTI berkewajiban melawan kemungkaran terkait kecurangan pemilu. Dia menyebut upaya melawan kemungkaran bisa dilakukan dengan tangan masing-masing umat Islam.

Semenit Nggak Boleh Ketawa Nonton Video Ini, Sanggup? 

"Kalau tidak mampu, kita bisa memakai lisan. Tetapi itu adalah selemah-lemahnya iman. Dan kami tidak ingin menjadi umat yang lemah imannya," ujar Ismail.

Rencana demo pada 22 Mei akan berpusat di kantor KPU dan Bawaslu RI di Jakarta. Amien Rais dan sejumlah tokoh oposisi menyatakan aksi itu untuk mengawal penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2019 oleh KPU.

Wow! Update Pukul 11.15 WIB, Persentase Perolehan Suara Prabowo-Sandi Sudah Tembus...

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu
 
×
×