logo


Tips Jitu Dongkrak Produksi Jambu Kristal

Sebulan pascatanam, taburkan pupuk daun dan buah dengan dosis sesuai kemasan di area perakaran

3 Maret 2015 09:57 WIB

Istimewa
Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Siapa yang tak kenal dengan sosok Jambu ini, Jambu Kristal. Yah, Jambu biji asal Taiwan yang banyak vitaminnya ini diperkirakan tak lama lagi akan menjadi populer dan menjadi primadona menggantikan dominasi Jambu bangkok yang saat ini dikenal luas.

Jambu Kristal memiliki penampilan yang mirip dengan Jambu Bangkok. Ukuran panennya bisa sampai 1 kg untuk 1 buah dan bentuknya menyerupai Apel. Bahkan ada yang menyebutnya bentuk Apel rasa Pir. Rasa buah Jambu Kristal lebih nikmat dan manis dibandingkan Jambu lain, dan bijinya sangat sedikit bahkan ada yang tidak berbiji sama sekali. Dagingnya lebih lembut dibandingkan Jambu Bangkok, dan dagingnya yang berwarna putih lebih tebal dibandingkan Jambu Biji lainnya. Jambu ini memiliki lapisan lilin yang tebal pada kulit buahnya, sehingga tahan serangan hama penyakit. Pohonnya tidak pernah berhenti berbuah dan waktu panen raya sebanyak tiga kali setahun. Jadi tanaman Jambu Kristal berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

 

Bagi Anda yang tertarik atau bahkan sudah menggeluti usaha budidaya Jambu Kristal, berikut JITUNEWS uraikan strategi jitu dongkrak produksi Jambu Kristal, cek yah!

  1. Buat lubang tanam ukuran 40x40x40 cm. benamkan 15 kg pupuk kandang kambing per lubang tanam. Seminggu kemudian tanam bibit Jambu Kristal hasil okulasi setinggi 70 cm.
  2. Sebulan pascatanam, taburkan pupuk daun dan buah dengan dosis sesuai kemasan di area perakaran. Umur 3 bulan berikan 40 kg pupuk kandang dan 175 gram pupul NPK per lubang tanam. Ulangi pemupukan dengan dosis lama 3 bulan berikutnya. Setelah itu, interval pemberian pupuk kandang 5 bulan sekali. Sementara pemberian NPK, pupuk daun dan buah, tetap 3 bulan sekali.
  3. Jika tanaman sudah setinggi 1 meter, pangkas batang utama Jambu Kristal sepanjang 25 cm dari ujung batang. Dua bulan kemudian akan muncul cabang baru. Pilih 3 cabang yang sehat dan arah tumbuhnya berlawanan, sisanya pangkas.
  4. Pangkas buah yang menghadap ke atas, sosoknya tidak normal, terluka, atau terkena penyakit ketika besarnya seukuran kelereng. Lakukan pembungkusan buah dengan 2 lapis pembungkus jaring sterofoam dan plastik ketika buah seukuran bola pingpong.
  5. Semprotkan insektisida berbahan aktif deltamethrin 2 bulan sekali dengan dosis sesuai kemasan untuk pencegahan. Jika sudah terjadi serangan, penyemprotan menjadi 2 minggu sekali.
  6. Panen Jambu Kristal dapat dilakukan saat umur buah 2-2,5 bulan sejak bunga mekar atau tingkat buah 80%. Kelompokan buah sesuai grade-nya. (berbagai sumber)

 

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Riana