logo


Kenali Hama dan Gejala yang Kerap Menyerang Tanaman Tomat

Umumnya hama yang menyerang Tomat dibedakan menjadi 4 kelompok

3 Maret 2015 09:59 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pengendalian hama dan penyakit merupakan salah satu faktor penting dalam usaha budidaya tanaman Tomat. Serangan hama dan penyakit bisa menurunkan produktivitas panen atau bahkan menyebabkan kematian tanaman. Umumnya hama yang menyerang Tomat dibedakan menjadi 4 kelompok, yaitu ulat, kutu, lalat, dan cacing (nematoda).

Berikut JITUNEWS uraikan jenis-jenis hama yang menyerang tanaman Tomat, serta gejala-gejala yang menyertainya :

1. Gejala serangan ulat tanah pada budidaya Tomat adalah ditandai dengan terpotongnya tanaman pada pangkal batang. Akibatnya, tanaman menjadi roboh. Kerusakan tanaman semacam ini dapat mengakibatkan kerugian, yakni matinya tanaman muda sebesar 75-90%.


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

Jitunews-budidaya tomat-istimewa

2. Gejala serangan ulat buah ditandai dengan buah-buah Tomat berlubang. Buah Tomat yang terserang menjadi busuk dan jatuh ke tanah. Kadang-kadang larva juga menyerang pucuk tanaman dan melubangi cabang-cabang tanaman.

Jitunews-budidaya tomat-istimewa

3. Gejala serangan kutu kebul berupa bercak nekrotik pada daun, yang disebabkan oleh rusaknya sel-sel dan jaringan daun akibat nimfa dan serangga dewasa. Dalam keadaaan populasi tinggi, serangan kutu kebul dapat menghambat Pertumbuhan tanaman tomat. Embun madu yang dikeluarkan dapat menimbulkan serangan jamur jelaga berwarna hitam. Kutu kebul merupakan vektor penting virus gemini yang dapat menyebabkan kehilangan hasil sekitar 20-100%.

Jitunews-budidaya tomat-istimewa

4. Gejala serangan ulat grayak, pada daun yang terserang oleh larva yang masih kecil terdapat sisa-sisa epidermis bagian atas dan tulang-tulang daun saja. Larva yang sduah besar akan merusak tulang daun. Gejala serangan pada buah ditandai dengan timbulnya lubang tidak beraturan pada buah Tomat.

Jitunews-budidaya tomat-istimewa

5. Gelaja serangan pengorok daun, larva merusak tanaman dengan cara mengorok daun. Sedangkan serangga dewasa merusak tanaman dengan cara menusukkan ovipositor oada oviposisi dan dengan menusuk dan menghisap cairan tanaman. Hal tersebut menggangu proses fotosintesis tanaman dan dapat menimbulkan kematian atau gugur daun sebelum waktunya.

Jitunews-budidaya tomat-istimewa

 

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Riana