logo


Huawei Dicekal AS, China Balas Dendam Boikot iPhone

Perang dagang antara Huawei dan Amerika terus berlanjut, kini giliran iPhone yang jadi korban.

17 Mei 2019 14:06 WIB

iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max
iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memanasnya hubungan AS dan China mencapai babak baru setelah Huawei dicekal oleh pemerintah AS. Netizen China pun menyerukan untuk memboikot iPhone sebagai bentuk balasan.

Saham Apple anjlok hingga 6% pada perdagangan di bursa saham Amerika Serikat (AS) pada, Senin (13/5). Kejatuhan harga saham ini karena kabar kebijakan China menerapkan tarif baru pada produk impor asal AS.

Baca juga: Redmi Note 7 Laris Manis, Xiaomi Akan Rilis Redmi Note 7S di Pasar Indonesia


Oppo Reno Rilis Lebih Cepat di Pasar Indonesia

Diberitakan situs detikInet, Jumat (17/5), Pemerintah AS baru saja memasukkan Huawei dalam daftar hitam yang akan menyulitkan mereka untuk membeli peralatan buatan supplier asal AS. Sebelumnya presiden Donald Trump mengesahkan perintah eksekutif yang melarang perusahaan telekomunikasi AS untuk membeli peralatan dari perusahaan yang mengancam keamanan nasional.

Lewat media sosial Weibo, netizen China pun menyerukan untuk memboikot produk buatan Apple seperti iPhone dan menggantinya dengan smartphone buatan vendor lokal.

Beberapa netizen China menyerukan langkah yang lebih ekstrem, yaitu dengan memboikot produk telekomunikasi buatan AS lainnya. Salah satu perusahaan yang disasar adalah Qualcomm, produsen prosesor yang bermarkas di San Diego, AS.

Boikot ini tentu akan berdampak pada penjualan iPhone di China yang belakangan terus turun. Pada kuartal keempat tahun 2018, penjualan iPhone di China turun 20% year-on-year dan pangsa pasar mereka turun menjadi 11,5%.

Sedangkan penjualan Huawei meningkat 23% year-on-year dan mereka masih menjadi penguasa pasar smartphone di China dengan pangsa pasar sebesar 28% di kuartal keempat tahun 2018.

Apple Kembali Tunda Perilisan Ponsel 5G Hingga 2025

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu