logo


Puji Keputusan Bawaslu, Mardani Ali Sera: Ini Semua Tidak Boleh Main-main

Mardani meminta KPU menindaklanjuti putusan Bawaslu untuk segera memperbaiki sistem dan tata cara serta prosedur dalam penginputan data ke situng.

17 Mei 2019 10:34 WIB

Politisi PKS, Mardani Ali Sera
Politisi PKS, Mardani Ali Sera jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melanggar tata cara dan prosedur penginputan data ke sistem informasi penghitungan suara (situng) mendapat pujian dari pimpinan Komisi II DPR RI , Mardani Ali Sera.

"Saya apresiasi Bawaslu melakukan kinerja yang baik dan cepat menyatakan KPU melanggar tata cara dan penginputan data ke situng," ujar Mardani Ali Sera di Jakarta, Kamis (16/5).

Menurutnya atas kejadian ini, maka aduan dari BPN Prabowo-Sandi yang merasa banyaknya kesalahan input data oleh KPU terbukti.


Laporkan Kecurangan Pemilu ke Bawaslu, BPN: Sangat Menyedihkan Jika Indonesia Mundur

"Berdasarkan putusan ini, jelas KPU melakukan kesalahan," katanya.

Mardani meminta KPU menindaklanjuti putusan Bawaslu untuk segera memperbaiki sistem dan tata cara serta prosedur dalam penginputan data ke situng.

"Segera laksanakan putusan, masih ada waktu sampai 22 Mei, ini semua tidak boleh main-main karena menyangkut pemilihan pemimpin Indonesia," tukasnya.

TANGGAPAN KPU

Seperti yang diberitakan Tribunnews (16/5), KPU menilai putusan Bawaslu RI sudah cukup adil soal pelanggaran prosedural terkait penginputan Situng yang mereka lakukan.

Baca Juga: Jokowi Ajak Prabowo Hormati Konstitusi, Netizen ke Prabowo, "Jangan Mau Pak, Enak Aja..."

"Bawaslu sudah mengeluarkan putusan yang tidak memerintahkan KPU untuk menutup Situng. Nah Bawaslu dan KPU punya komitmen yang sama untuk prinsip keterbukaan publik, termasuk di dalamnya juga soal informasi kepemiluan," ujar Komisioner KPU, Pramono Ubaid di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5).

Pramono menjelaskan, perintah dalam amar putusan Bawaslu untuk memperbaiki kinerja dan kesalahan-kesalahan data dalam Situng siap mereka jalankan.

Dirinya juga berterima kasih kepada Bawaslu yang sudah membuat keputusan secara adil dan bijaksana.

Baca Juga: Dituduh Teroris dan PKI oleh Kivlan Zein, Ini Jawaban Kocak Andi Arief

"Amar putusannya adalah memerintahkan KPU untuk memperbaiki, di situ memang sebenarnya sama, KPU dan Bawaslu, setiap ada informasi kesalahan input, kami perbaiki," jelas dia.

"Selama ini mekanisme itu sudah berjalan dan kami ucapkan kepada Bawaslu terima kasih sudah memberikan keputusan yang sudah adil," ucapnya.

TANGGAPAN TKN

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menilai tidak ada masalah dengan hasil keputusan Bawaslu tersebut.

Baca Juga: Serukan Tolak Bayar Pajak, TKN ke Arief Poyuono, "Ini Makhluk Atau Bukan"

"Kan data Situng kan artinya metode mereka yang salah. Ya sudah harus mereka luruskan," kata Juru Bicara TKN, Arya Sinulingga di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta, Kamis (16/5).

Arya menegaskan, TKN tidak memersoalkan putusan Bawaslu tersebut.

Ia menganggap Situng bukan metode resmi untuk menilai hasil pemilu.

Baca Juga: Dituduh Politik Uang di Jatim, Kubu 01 ke Sandi, "Anda Katanya Cawapres Pilihan Ulama, kok Hobi Fitnah"

Lagipula, kata Arya, dalam Situng terdapat keterangan atau disclaimer yang menyebutkan bahwa Situng bukan data resmi untuk keputusan resmi pemilu.

"Tapi pemaparan untuk transparansi. Supaya kan kita bisa ngecek kalau ada yang enggak benar," tuturnya seperti yang dikutip Jitunews dari Sindonews.com (16/5).

Sebut Keputusan Bawaslu Soal Situng KPU Itu Banci, Arief Poyuono Bilang, "Bawaslu Udah Kemasukan Angin"

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata