logo


Tolak Impor Guru, PKS Lebih Setuju Undang Dosen Asing

Pemerintah lebih baik mengoptimalkan peran Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), daripada daripada mengundang guru asing

16 Mei 2019 16:26 WIB

Nurhasan Zaidi
Nurhasan Zaidi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rencana Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani yang akan mengundang guru asing atau pengajar dari luar negeri untuk mengajar di Indonesia ditolak tegas oleh Anggota Komisi X DPR RI, Nurhasan Saidi.

Dia berpendapat pendidikan bukan hanya sebatas transfer ilmu, namun transfer budaya perilaku yang sesuai dengan budaya bangsa juga harus diperhatikan.

“Idenya direnungkan dan dipikirkan aja dulu, pendidikan itu bukan hanya transfer ilmu, tapi transfer budaya perilaku yang sesuai dengan budaya bangsa, tidak mudah guru yang lain budaya,” ujar Nurhasan saat dihubungi Jitunews.com, Kamis (16/5).


Ketua DPR Dorong Kemendikbud Bekerja Sama dengan Kementerian Lain untuk Penguatan Pendidikan Daerah 3T

Politisi PKS ini menilai rencana tersebut belum sangat mendesak, terlebih ketersediaan guru didalam negeri juga masih banyak dan berkualitas baik.

Menurutnya, pemerintah lebih baik mengoptimalkan peran Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), daripada daripada mengundang guru asing.

Belajar dari Jerman, Pemerintah Ingin Genjot Kualitas SDM

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata