logo


Menteri ESDM Klaim Komitmen Investasi IPP Sebesar 60 Persen

Total alokasi untuk IPP sebesar 25 ribu megawatt

2 Maret 2015 15:37 WIB

Istimewa
Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, pemerintah sudah mendapatkan komitmen investasi dari pihak swasta atau independent power producer (IPP) sebesar 60 persen untuk pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 35 ribu megawatt (MW).

Pemerintah mengalokasikan 25 ribu MW kepada pihak swasta yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan listrik tersebut dan sisanya sebesar 10 ribu MW akan dibangun PT PLN (Persero).

"Pemerintah hanya perlu mencari investor-investor yang berminat membangun sisa kapasitas yang belum mendapatkan calon penggarapnya," kata Sudirman kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/3).


10 Pembangkit Listrik dengan Investasi Rp 15 Triliun Diresmikan

Mantan Direktur Utama PT Pindad (Persero) itu menambahkan, arus investasi sektor ketenagalistrikan untuk membangun pembangkit listrik selama lima tahun tersebut akan banyak dikejar melalui pelayanan terpadu satu pintu Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"PTSP berjalan lancar, tapi harus didukung inisiatif di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menarik investasi. Saat ini kami sedang merintisnya," ujar Sudirman.

Selain itu, Sudirman melanjutkan, ada tiga langkah percepatan pembangunan kelistrikan yang harus dilakukan. Dia berharap, langkah-langkah tersebut mampu menjadi solusi pemerintah untuk mengurangi kendala program percepatan pembangunan listrik di Indonesia.

"Pertama yang perlu diambil adalah memberlakukan Undang-undang No. 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum," kata Sudirman.

Langkah kedua, kata mantan Direktur Utama PT Pindad (Persero) itu adalah menetapkan harga patokan tertinggi untuk Independent Power Producer (IPP) agar negosiasi harga bisa dilakukan.

"Ketiga, pemerintah akan berusaha menunjuk dan memilih IPP tanpa harus melalui tender," ujar Sudirman.

Dia juga akan blusukan ke daerah-daerah yang masih belum dapat menikmati energi listrik bersama Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

24 Pembangkit EBT Beroperasi di Semester I 2020, Kementerian ESDM: Kapasitasnya 345,08 MW

Halaman: 
Penulis :