logo


Petani Muda di Garut Inisasi Pendirian Koperasi KEi, Kemenkop UKM: Patut Diapresiasi

“Saat ini kami telah merintis kelompok koperasi yang beranggotakan para petani muda"

13 Mei 2019 10:02 WIB

Petani muda membentuk koperasi bernama KEi dan diapresiasi Kemenkop UKM
Petani muda membentuk koperasi bernama KEi dan diapresiasi Kemenkop UKM Jitunews/Khairul

Sejumlah inovasi yang telah dilakukan di antaranya membuka pasar khusus untuk cafe, restoran, konsumen perusahaan, dan konsumen perumahan di wilayah Garut, Bandung, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Jakarta. KEi juga mengelola produksi, distribusi, hingga marketing produk sayuran.

Bahkan KEi juga membangun kebun wisata agro yang mulai banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Dan untuk melengkapi kegiatan, koperasi tersebut pun membangun pusat pelatihan untuk petani muda.

Ancam Akan Bongkar Aib SBY, Kivlan Zein: SBY Nggak Jelas Kelaminnya


Kemenkop dan UKM Rumuskan Regulasi yang Ramah bagi Dinas di Daerah

“Kami siap berkontribusi melalui pengembangan petani muda dalam mewujudkan Garut sebagai pusat produksi pertanian terintegrasi industri,” katanya.

Pada kesempatan yang sama dilakukan sosialisasi dan inisiasi pembentukan koperasi KEi yang dihadiri Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Dr Rully Indrawan dan Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut Imas Nurjamilah.

Imas menjelaskan tentang tata cara pembentukan koperasi dan pihaknya siap memfasilitasi KEi untuk mendapatkan badan hukum koperasi yang disebutnya kini persyaratannya lebih mudah.

Kembali Kritisi Waketum Gerindra, Sandi Bilang, "Tidak Sesuai dengan Kenyataan"

Sementara Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Dr Rully Indrawan mengatakan pihaknya menyambut baik petani muda Garut untuk berinisiatif membentuk koperasi.

“Apalagi kini persyaratan pendirian koperasi semakin disederhanakan. Ini contoh yang patut diapresiasi ketika masyarakat membentuk koperasi tapi telah merintis usaha, jangan bentuk koperasi dulu baru memikirkan apa usahanya. Intinya adalah bagaimana membentuk sebuah koperasi yang berkualitas,” kata Rully.

Menkop UKM Apresiasi Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam Mengembangkan Koperasi dan UMKM di Yogyakarta

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata