logo


RI Buka Akses Pasar Buah Tropis dan Rempah ke Argentina

Selain akses pasar, Amran juga menjabarkan bahwa Indonesia menjajaki potensi kerjasama transfer teknologi pertanian dari Argentina

10 Mei 2019 06:08 WIB

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat bertemu dengan Wakil Presiden Argentina, Gabriela Michetti, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta pada Rabu (8/12)
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat bertemu dengan Wakil Presiden Argentina, Gabriela Michetti, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta pada Rabu (8/12) Kementan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, sepakati kerjasama bilateral lebih erat antara Indonesia dengan Argentina terkait akses pasar produk-produk pertanian. Kerjasama ini diharapkan dapat lebih memperbesar akses buah tropis eksotis, rempah dan produk unggulan Indonesia lainnya ke pasar ekspor Argentina.

“Kita sudah pelajari, Indonesia punya potensi besar untuk mengekspor buah tropis eksotis dan rempah ke Argentina, seperti nanas, manggis, salak, kopi, dan lada. Potensi lainnya adalah produk olahan hortikultura untuk bahan baku untuk industri makanan jadi,” kata Amran, dalam keterangan persnya usai pertemuan dengan Wakil Presiden Argentina, Gabriela Michetti, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta pada Rabu (8/12) lalu.

Mentan menerangkan, produksi nanas Indonesia pada tahun 2018 mencapai 2 juta ton, dan sudah diekspor ke negara-negara di Asia, Timur Tengah, dan Eropa hingga 250 ribu ton per tahun.

Sementara itu, ekspor maggis mencapai 40 ribu ton dari produksi 160 ribu ton selama 2018. Begitu juga dengan salak yang diekspor ke negara-negara Asia sebanyak 1,2 ribu ton dari 950 ribu ton produksi petani tahun 2018.


Mantap! Lada Asal Belitung Melenggang ke Manca Negara

Untuk produk olahan hortikultura, Amran menjelaskan bahwa yang berpotensi besar untuk diekpor adalah pasta cabai, pasta bawang, pasta buah-buahan (jambu, manga, dan sirsak). Selain itu, Argentina juga diharapkan bersedia membuka akses pasar untuk sarang burung walet yang menjadi andalan ekspor Indonesia.

“Indonesia punya potensi besar mamasok produk-produk hortikultura. Argentina adalah salah satu pasar non-tradisional yang kita coba akses agar pertanian kita bisa menghasilkan devisa lebih besar, ini sejarah untuk kita membuka akses pasar pertanian ke Argentina,” jelas Amran.

Kementan Pasok Bawang Putih dan Telur ke Pasar Jakarta

Halaman: 
Penulis : Riana